Rabu, 08 Maret 2023

SURGA MERINDUKAN ORANG YANG BERPUASA BULAN RAMADHAN

 

SURGA MERINDUKAN ORANG YANG BERPUASA BULAN RAMADHAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Salah satu kewajiban orang orang beriman adalah BERPUASA WAJIB SEBULAN PENUH di bulan Ramadhan. Puncak paling utama yang ingin didapat dengan berpuasa adalah MENJADI ORANG YANG BERTAKWA. Allah Ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Wahai orang-orang yang beriman.  Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Q.S al Baqarah 183).

Lalu kenapa takwa itu penting, harus dikejar dengan sungguh sungguh ?. Ketahuilah bahwa Allah Ta'ala telah mengabarkan dengan jelas bahwa surga hanya disediakan untuk ORANG ORANG YANG BERTAKWA, sebagaimana firman-Nya : 

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabb-mu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang DISEDIAKAN BAGI ORANG ORANG YANG BERTAKWA. (Q.S Ali Imran 133)

Sungguh, dengan berpuasa sangatlah banyak kebaikan dan keutamaan yang akan mendatangi orang yang berpuasa puasa wajib bulan Ramadhan dan juga puasa puasa sunnah di luar bulan Ramadhan. Ketahuilah bahwa diantara keutamaan puasa wajib  adalah bahwa SURGA MERINDUKAN ORANG ORANG YANG BERPUASA DI BULAN RAMADHAN.

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  menjelaskan perkara ini dalam sabda beliau :

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَا لِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ

Surga itu MERINDUKAN empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Al-Qur’an, orang yang senantiasa menjaga lisan dari ucapan-ucapan yang mencaci atau menyebar kebencian, orang yang memberi makan orang lain yang sedang lapar DAN ORANG YANG MENGAMALKAN PUASA RAMADHAN. ((H.R Abu Daud dan AT Tirmidzi).

Diantara keutamaan yang juga akan diperoleh orang yang berpuasa adalah  di surga ada satu pintu khusus untuk mereka yaitu pintu rayyan. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda yaitu dari Sahl bin Sa’ad :

 

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

 

Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut “ar rayyan“. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, Mana orang yang berpuasa. Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya. (H.R Imam Bukhari  dan Imam  Muslim).

 

Oleh karena itu, hamba hamba Allah bersungguh sungguhlah mengamalkan puasa wajib bulan Ramadhan dan juga berusahalah mengamalkan  puasa puasa sunnah di luar bulan Ramadhan.

 

Wallahu A'lam. (2.949).

 


 



 

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar