Sabtu, 18 Maret 2023

AJARKAN ANAK BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUANYA

 

AJARKAN ANAK BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUANYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, semua orang SANGAT MENGINGINKAN anak anaknya berbakti atau berbuat baik kepadanya. Dan perkara ini tentu tidaklah cukup dengan keinginan dan harapan saja. Tetapi haruslah diajarkan kepada anak sejak dini, ketika dia remaja bahkan sampai ketika mereka dewasa. Semuanya tentu dengan cara yang sesuai dengan kemampuan nalarnya.

Ketahuilah ada beberapa cara yang dianjurkan ketika mengajarkan anak untuk berbuat baik kepada orang tuanya, diantaranya :

Pertama : Dengan memberi contoh dan teladan.

Para pakar pendidikan memberi nasehat bahwa dalam memberikan pengajaran  tentang ilmu yang berkaitan dengan moral dan akhlak adalah sangat effektif jika dengan contoh dan teladan yang baik. Jadi tidak cukup dengan nasehat lisan saja apalagi dengan perintah.

Oleh karena itu, jika seseorang ingin agar anak anaknya berbakti atau berbuat baik kepadanya maka dia harus  menunjukkan atau memberi contoh yaitu dengan lebih dahulu  berbuat baik kepada orang tuanya. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

 وَبِرُّوا أَبَاءَكُمْ تَبِرَّكُمْ أَبْنَاؤُكُمْ  

Berbaktilah kepada orang tua kalian niscaya anak anak kalian akan berbakti pula kepada kalian. (H.R al Hakim, dishahihkan oleh adz Dzahabi).

Kedua : Jelaskan kepada anak bahwa berbuat baik kepada orang tua adalah SALAH SATU PERINTAH ALLAH KEPADA MANUSIA. Dengan demikian anak akan semakin termotivasi dalam berbuat. Allah Ta'ala berfirman :

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ

Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan mempersekutukan-Nya dengan apapun, berbuat baik kepada ibu bapak (dengan cara yang paling baik)… Q.S. al Israa’ 23.

Ketiga : Jelaskan kepada anak bahwa berbuat baik kepada orang tua akan mendatangkan kebahagian dan kenikmatan bagi orang tua. Apalagi ketika orang tua sudah berusia lanjut.

Dan juga sangat baik pula dijelaskan bahwa kebaikan yang dilakukan seorang anak kepada orang tuanya akan mendatangkan kebaikan pula  bagi anak, diantaranya :

 (1) Kebaikan di dunia, dipanjangkan umur dan diberkahi rizki. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ وَأَنْ يُزَادَ لَهُ فِي رِزْقِهِ فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Siapa yang suka untuk dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rizkinya, maka berbaktilah kepada kedua orang tuanya dan jalinlah hubungan (silaturahim) dengan kerabatnya. (H.R Imam Ahmad).

Dan juga mendapat doa yang mustajab. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua kepada anaknya. (H.R Ibnu Majah, dihasankan oleh  al Hafizh Abu Thahir.

(2) Kebaikan di akhirat, diantaranya adalah : Masuk surga melalui pintu tengah. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda : 

الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوِ احْفَظْهُ

Orang tua adalah PINTU SURGA PALING TENGAH. Kalian bisa sia-siakan pintu itu, atau kalian bisa menjaganya. (H.R Imam Ahmad, at Tirmidzi dan Ibn Majah.   Dihasankan oleh Syaikh Syuaib al Arnauth).

Wallahu A'lam. (2.961)

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar