Rabu, 15 Maret 2023

RAMADHAN BULAN BANYAK BERINFAK DAN SEDEKAH

 

RAMADHAN BULAN BANYAK BERINFAK DAN SEDEKAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, sangatlah banyak nama yang disandarkan kepada bulan Ramadhan, diantaranya adalah :

Pertama : Ramadhan bulan al Qur an, karena al Qur an diturunkan pada bulan Ramadhan, Allah Ta’ala berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Q.S al Baqarah 185).

Kedua : Ramadhan bulan penuh berkah. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ

Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…” (H.R Imam Ahmad).

Ketiga : Ramadhan bulan penuh ampunan. Diantaranya sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah).

Selain itu, ketahuilah bahwa bulan Ramadhan  (bisa) pula disebut   dengan BULAN KEDERMAWANAN yaitu bulan banyak berinfak, bersedekah dan  memberi makan. Sungguh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  pernah ditanya tentang sedekah yang paling afdhal, maka beliau menjawab :

أَفْضَلُ الصَدَقَةِ صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ

Sedekah yang paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan. (H.R at Tirmidzi).

Sungguh, kita mengetahui bahwa  Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam adalah sangat dermawan. Lalu ketika datang bulan Ramadhan maka    KEDERMAWANAN BELIAU SEMAKIN MENINGKAT. Ibnu Abbas berkata :

كَانَ رَسُولُ اللهِ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللهِ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Rasulullah adalah manusia yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan. Bulan dimana Jibril menemui beliau pada setiap malam Ramadhan untuk mengajari Al-Qur’an. Rasulullah lebih dermawan dalam kebaikan dari pada angin yang berhembus. (H.R Imam Bukhari).

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah mempersiapkan infak dan sedekah yang lebih dari biasa di bulan Ramadhan tahun ini. Sungguh ada kebaikan dan keutamaan jika berinfak dan bersedekah di bulan Ramadhan.

Sebagai penutup tulisan ini, dinukil   keutamaan bagi orang orang   BERSEDEKAH DAN BERINFAK yaitu sebagai  SALAH SATU JALAN bagi orang  beriman untuk MENGHAPUS  DOSANYA. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : 

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api. (H.R  at Tirmidzi).

Syaikh Abdul Muhsin al ‘Abbad berkata : Didalam hadits ini terkandung penjelasan tentang agungnya kedudukan sedekah yang sunnah. Bahwasanya Allah Ta’ala menghapus dengannya dosa kesalahan sebagaimana air mematikan api. Dosa yang dimaksud di sini adalah dosa kecil. Termasuk pula dosa besar jika diiringi dengan taubat. Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam menyerupakan sedekah mematikan dosa dengan air yang mematikan api. (Syarah Arba’in an Nawawiyah).

Wallahu A'lam. (2.956) 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar