Rabu, 01 Maret 2023

DOSA DIHAPUS JIKA SABAR MENERIMA MUSIBAH

 

DOSA DIHAPUS JIKA SABAR MENERIMA MUSIBAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta’ala telah menjanjikan ampunan kepada orang orang yang bersabar ketika  didatangi musibah. Allah Ta'ala berfirman : 

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

 ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُون 

أُو۟لَٰٓئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَٰتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُهْتَدُونَ

Dan Kami pasti akan menguji kamu (orang orang beriman) dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan. Dan sampaikan berita gembira buat orang  orang yang sabar. (Yaitu) orang orang yang apabila ditimpa musibah mereka berkata, Inna lillahi wa inna ilaihi raajiuun. Mereka itulah yang memperoleh ampunan dari Rabb-nya dan mereka itulah orang orang yang mendapatkan petunjuk. (Q.S al Baqarah 155-157).

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda : 

 

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

مَا مِنْ مُصِيبَةٍ تُصِيبُ الْمُسْلِمَ إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا عَنْهُ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا.

Dari Aisyah  istri Nabi, dia berkata, Rasulullah Salallahu 'alai Wasallam  bersabda : Tidaklah suatu musibah yang menimpa seorang Muslim melainkan Allah akan menghapus (dosa orang itu) dengannya, bahkan duri yang menyakitinya sekalipun. (H.R Imam Bukhari)    

Sungguh, jika seorang yang beriman  tidak berusaha menghapus dosanya di dunia yaitu melalui jalan jalan yang diajarkan Allah dan Rasul-Nya diantaranya sebagaimana tersebut diatas maka berarti dia membawa dosanya ke negeri akhirat. Jika ini terjadi maka di akhirat pun ada jalan untuk menghapus dosa yaitu dibakar di api neraka. Na’udzubillah.

Berapa lama ?. Itu tergantung besarnya dosa yang dibawa mati. Setelah dihapus dosanya yaitu dengan dibakar di neraka maka orang orang yang ada  iman di hatinya walaupun sedikit tetapi tidak melakukan kesyirikan maka akhirnya dia akan mendapatkan surga dengan rahmat atau kasih sayang Allah Ta’ala.

Oleh karena itu hamba hamba Allah TETAPLAH BERSABAR JIKA DIDATANGI UJIAN BERUPA MUSIBAH karena itulah salah satu jalan atau kesempatan untuk menghapus dosa dan kesalahan sehingga selamat di negeri akhirat.

Selain itu, ketahuilah bahwa orang yang bersabar mendapat pahala tanpa batas, Allah Ta'ala berfirman : 

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah  yang disempurnakan pahala mereka tanpa batas (Q.S az  Zumar 10)

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : Adapun kesabaran, pahalanya berlipat ganda tidak terbatas. Hal ini menunjukkan bahwa ganjarannya sangat besar sekali hingga tak mungkin bagi seorang insan untuk membayangkan pahalanya karena tidak bisa dihitung dengan bilangan.  

Bahkan juga, pahala sabar termasuk pahala yang maklum di sisi Allah tanpa bisa dibatasi. Tidak pula dapat disamakan dengan mengatakan satu kebaikan dilipat gandakan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat.  Kesabaran itu pahalanya tanpa batas. (Syarah Riyadush Shalihin)

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A'lam. (2.938)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar