Rabu, 22 Maret 2023

SANGAT BERHARAP DAPAT PREDIKAT TAKWA DENGAN BERPUASA

 

SANGAT BERHARAP DAPAT PREDIKAT TAKWA DENGAN BERPUASA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman di belahan bumi mana pun berada  sangat bergembira dengan datangnya Ramadhan karena sangatlah banyak kebaikan padanya. Oleh karena itu beberapa waktu sebelum Ramadhan orang orang beriman memohon kepada Allah Ta'ala agar dipertemukan dengan Ramadhan.

Diantara doa yang biasa diamalkan adalah doa yang diriwayatkan oleh Yahya bin Abi Katsir,  seorang ulama dari kalangan tabi’in, bahwa sebagian sahabat ketika mendekati datangnya Ramadhan mereka berdoa : 

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan. (Lathaif Al-Ma’arif).

Nah, ketika bulan Ramadhan datang maka orang orang beriman sangat bersemangat mengisinya dengan puasa fardhu, shalat tarawih, membaca al Qur an, bersedekah dan amalan lainnya sesuai syariat.

Bahkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam mengingatkan bahwa puasa iu tidak ada bandingannya yaitu sebagaimana sabda belia :

عَنْ أَبِي اُمَامَةَ أنَّهُ سَأَلَ رَسُو الله سَلَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم أيُّ العَمَلِ اَفْضَلُ قال عَلَيْكَ بِا لصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَا عِدْلَ لَهُ

 Dari Abu Umamah, bahwa dia bertanya kepada Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam, apakah  amal yang paling utama. Beliau menjawab : Hendaklah engkau selalu berpuasa, SESUNGGUHNYA PUASA ITU TAK ADA BANDINGANNYA. (H.R an Nasa’i, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Sungguh, puncak dari keutamaan puasa Ramadhan adalah PREDIKAT TAKWA yaitu sebagaimana Allah Ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Wahai orang-orang yang beriman !.  Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu AGAR KAMU BERTAKWA. (Q.S al Baqarah 183).

Predikat takwa inilah yang harus dikejar dengan sungguh sungguh oleh orang orang beriman. Kenapa ?, iya karena :

Pertama : Allah Ta'ala mencintai orang orang yang bertakwa, sebagaimana firman-Nya :

فَإِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِينَ

Maka sesungguhnya Allah mencintai orang orang bertakwa. (Q.S Ali Imran 76).

Kedua : Allah Ta'ala akan mengadakan jalan keluar dan memberi rizki orang bertakwa.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan  jalan keluar baginya, Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (Q.S ath Thalaq  2-3)

Ketiga : Allah Ta'ala memudahkan urusannya.

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مِنْ أَمْرِهِۦ يُسْرًا

Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan      kemudahan baginya dalam urusannya. (Q.S ath Thalaq 4)

Selain itu, dan sangat penting untuk selalu diingat  adalah bahwa semua manusia pasti akan mendatangi negeri akhirat yang baqa dan meninggalkan dunia yang fana ini. Sungguh di negeri akhirat itu hanya ada dua tempat yaitu SURGA DAN NERAKA, tidak ada yang ketiga.

Ketahuilah bahwa sungguh SURGA HANYA DISEDIAKAN UNTUK ORANG ORANG YANG BERTAKWA. Allah Ta'ala menjelaskan dalam firman-Nya : 

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabb-mu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi YANGG DISEDIAKAN BAGI ORANG ORANG YANG BERTAKWA. (Q.S Ali Imran 133).

Oleh karena itu hamba hamba Allah haruslah BERUSAHA SUNGGUH SUNGGUH MENGISI RAMADHAN DENGAN BERPUASA SEBULAN PENUH. Dan juga mengisi Ramadhan dengan amal amal shalih yang lainnya sesuai syariat. Mudah mudahan MENDAPAT PREDIKAT TAKWA sebagai salah satu tujuan utama  berpuasa di bulan Ramadhan.

Wallahu A'lam. (2.967). 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar