Kamis, 16 Maret 2023

DOSA DIHAPUS KARENA MELAKUKAN AMAL SHALIH

 

DOSA DIHAPUS KARENA MELAKUKAN AMAL SHALIH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Ketika melakukan ibadah  yang fardhu maka yang pasti akan masuk ke ruang pikir kita adalah untuk MEMENUHI PERINTAH ALLAH TA'ALA. Dan juga penting adalah untuk mendekatkan diri kepada-Nya Ta'ala  KEINGINAN UNTUK MENDAPAT PAHALA ATAU KEBAIKAN YANG BANYAK dari-Nya. Selain itu, ketahuilah bahwa amalan amalan sunnah juga satu jalan untuk mendapatkan ganjaran berupa kebaikan dan pahala yang banyak.

Sungguh, amalan wajib dan amalan sunnah yang dilakukan seseorang  juga bertujuan untuk MEMBERATKAN TIMBANGAN AMAL DI AKHRAT. Ketahuilah bahwa sungguh beruntung orang orang yang berat timbangan amalnya. Allah Ta’ala berfirman :

وَالْوَزْنُ يَوْمَئِذٍ الْحَقُّ ۚ فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Timbangan pada hari itu (menjadi ukuran) kebenaran. Maka barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan) nya, MEREKA ITULAH ORANG YANG BERUNTUNG. (Q.S al A’raf 8).

Selain itu, ketahuilah bahwa sungguh amal shalih bukan saja mendatangkan pahala yang banyak dan memberatkan timbangan amal.  tetapi juga akan mendatangkan keutamaan dan kebaikan yaitu sebagai salah satu JALAN UNTUK MENGHAPUS DOSA. Allah Ta'ala berfirman : 

وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ لَنُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّـَٔاتِهِمْ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَحْسَنَ ٱلَّذِى كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Dan orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih pasti akan Kami hapus kesalahan kesalahannya dan mereka pasti akan Kami beri balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan. (Q.S al Ankabuut 7).

 Allah Ta'ala befirman :

وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَءَامَنُوا۟ بِمَا نُزِّلَ عَلَىٰ مُحَمَّدٍ وَهُوَ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ ۙ كَفَّرَ عَنْهُمْ سَيِّـَٔاتِهِمْ وَأَصْلَحَ بَالَهُمْ

Dan orang orang yang beriman (kepada Allah) dan mengerjakan amal shalih serta beriman kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad, dan itulah kebenaran dari Rabb mereka. Allah menghapus kesalahan kesalahan mereka dan memperbaiki keadaan mereka. (Q.S Muhammad 2).

Syaikh as Sa’di berkata : Sedangkan “orang orang yang beriman”, terhadap apa yang diturunkan Allah Ta’ala kepada Rasul-Nya secara umum dan kepada Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi Wasallam secara khusus, “dan mengerjakan amal shalih” yakni dengan mengerjakan kewajiban kewajiban terhadap hak hak Allah Ta’ala dan hak hak manusia baik yang bersifat wajib maupun anjuran, “Allah menghapus kesalahan kesalahan mereka” yang kecil maupun yang besar.

Dan ketika kesalahan kesalahan mereka telah dihapus mereka pun selamat dari adzab dunia dan adzab akhirat. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Dan juga sangatlah banyak hadits yang secara jelas menyebutkan tentang dihapuskannya dosa tersebab melakukan amal shalih, diantaranya :

(1) Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : 

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api. (H.R  at Tirmidzi).

(2) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

 

Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian berjalan ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk melaksanakan kewajiban yang Allah tetapkan, maka kedua langkahnya, yang satu menghapus kesalahan dan satunya lagi meninggikan derajat. (H.R Imam Muslim)

(3) Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah).

Oleh karena itu hamba hamba Allah haruslah terus menerus dan senantiasa melakukan amalan shalih sekecil apapun karena akan mendatangkan kebaikan berupa pahala  DAN JUGA  SEBAGAI PENGHAPUS DOSA DOSAN.

Wallahu A'lam. (2.957)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar