Senin, 20 Maret 2023

FAEDAH MEMBACA DOA ANTARA ADZAN DAN IQAMAH

 

FAEDAH MEMBACA DOA ANTARA ADZAN DAN IQAMAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman sangat dianjurkan untuk bersegera berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah. Dengan demikian akan memperoleh banyak keutamaan atau faedah. Diantaranya adalah mendapati adzan dikumandangkan dengan demikian bisa shalat sunnah rawatib yang disyariatkan.

Selain itu, DAPAT KESEMPATAN BERDOA ANTARA ADZAN DAN IQAMAH. Tentang doa ini dijelaskan oleh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam sebagaimana disebutkan dalam sabda beliau :

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqamah, maka berdoalah (kala itu). H.R Imam Ahmad.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

Doa yang tidak mungkin tertolak adalah ketika antara (waktu) adzan dan iqamah.  (H.R at Tirmidzi, Hadits Hasan Shahih). 

Ketahuilah bahwa ketika seseorang melazimkan dirinya  untuk membaca doa antara adzan dan iqamah maka ada beberapa faedah atau manfaat yang akan mendatanginya, diantaranya adalah :

Pertama : Dapat kesempatan untuk berdoa yang tidak tertolak dan mudah diijabah yaitu sebagaimana disebutkan pada dua hadits diatas.

Kedua : Bisa menggunakan waktu untuk sesuatu yang bermanfaat yaitu berdoa. Bukankah kita terkadang ada menyaksikan sebagian saudara kita menggunakan waktu antara adzan dan iqamah untuk berbicara diantara mereka. Bahkan setelah iqamah dikumandangkan terkadang ada juga yang masih berbicara satu sama lain.

Ketiga : Dapat kesempatan untuk beribadah yaitu berdoa. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ

Doa adalah ibadah(H.R at Tirmidzi, dinilai shahih oleh Syaikh al Albani).

Keempat : Menghidupkan sunnah. Ketahuilah bahwa salah satu kewajiban orang orang beriman adalah menghidupkan sunnah Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam di setiap kesempatan.

Sungguh, orang orang beriman   yang  menghidupkan sunnah akan bersama Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam di surga yaitu sebagaimana sabda beliau :

 من أحيا سنتي فقد أحبني ومن أحبني كان معي في الجنة .

Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku maka dia telah mencintaiku. Barangsiapa mencintaiku maka dia akan bersamaku di surga. (H.R at Tirmidzi).

Oleh karena itu hamba hamba Allah berusahalah untuk bersegera ke masjid sehingga mendapat kesempatan untuk melakukan berbagai ibadah termasuk MEMBACA DOA ANTARA ADZAN DAN IQAMAH yang memiliki banyak faedah. Wallahu A'lam. (2.965)              

   

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar