Senin, 06 Maret 2023

ALLAH TA'ALA MEMBERI JALAN MENGHINDARI KESUSAHAN

 

ALLAH TA'ALA MEMBERI JALAN MENGHINDARI KESUSAHAN

Disusun oleh Azwir B. Chaniago

Berbagai musibah berupa ujian akan mendatangi setiap hamba baik dirinya, keluarganya, hartanya dan yang lainnya. Semua bisa jadi mendatangkan kesusahan dan kesulitan. Tetapi ketahuilah Allah Ta'ala memberi jalan untuk menghindari kesusahan dari berbagai keadaan termasuk adzab, diantaranya adalah :

Pertama : Banyak memohon ampun

Sungguh,  orang orang selalu beristighfar tak akan di adzab. Allah Ta'ala berfirman : 

وَمَا كَانَ ٱللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan tidaklah (pula) Allah akan mengadzab mereka sedang mereka (masih) memohon ampunan. (Q.S al Anfaal 33). 

Syaikh as Sa’di berkata : Ini adalah pencegah adzab dari mereka pada hal sebab sebab turunnya adzab itu telah tercapai. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Kedua : Banyak bersedekah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 إن صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ

Sesungguhnya sedekah yang dikeluarkan SECARA RAHASIA dapat memadamkan murka Allah Subhanahu wa Ta’ala. (H.R ath Thabrani, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa manfaat sedekah begitu banyak, hanya Allah yang bisa menghitungnya, di antara manfaatnya adalah: 

أَنَّهَا تَقِيَ مَصَارِعَ السُّوْءِ وَتَدْفَعُ البَلاَءَ حَتَّى إِنَّهَا لَتَدْفَعَ عَنِ الظَّالِمِ ,

Sungguh bersedekah itu mencegah kematian yang buruk, mencegah malapetaka (bala), sampai sedekah itu melindungi dari orang yang zalim. (‘Uddah Ash-Shabirin wa Dzakhirah)

Ketiga : Banyak berdoa

Selain itu, hamba hamba Allah sangat dianjurkan banyak berdoa dalam keadaan susah bahkan dalam lapang. Ada doa yang sangat baik untuk diamalkan yaitu doa memohon kebaikan. Alhamdulillah kita sering membaca doa ini yaitu yang diajarkan Allah Ta'ala sebagaimana  firman-Nya dalam surat al Baqarah 201. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam selalu membaca doa memohon kebaikan di dunia dan di akhirat.  

Anas bin Malik radhiyallahu anhu, menceritakan bahwa upaya untuk bisa meraih kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, sangat menjadi perhatian yang sungguh sungguh dalam doa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam . Beliau paling sering mengucapkan doa :

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dari Anas radhiyallahu anhu , ia berkata bahwa doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan beliau  adalah :  Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim).

Wallahu A'lam. (2.944)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar