Senin, 27 Maret 2023

MEMBACA DOA KETIKA MASUK DAN KELUAR MASJID BANYAK FAEDAHNYA

 

MEMBACA DOA KETIKA MASUK DAN KELUAR MASJID BANYAK FAEDAHNYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, masjid adalah tempat di bumi yang dicintai Allah Ta'ala, yaitu sebagaimana dijelaskan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  

أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ مَسَاجِدُهَا ، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ أَسْوَاقُهَا

Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid dan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar. (H.R Imam Muslim).

Bahwa hamba hamba Allah SETIAP HARI SECARA RUTIN   mendatangi masjid terutama sekali untuk melakukan shalat berjamaah bagi laki laki.  Dan juga ke masjid untuk berbagai keperluan dan kebutuhan kaum muslimin seperti diantaranya untuk belajar ilmu dan banyak lagi yang lainnya.

Nah, ketika hamba hamba Allah setiap waktu masuk dan keluar masjid SANGAT DIANJURKAN MEMBACA DOA yaitu doa doa yang diajarkan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam, yaitu : 

Pertama : Doa masuk masjid, dengan memohon perlindungan dari syaithan :

أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ، وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ، وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيمِ، مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ 

Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung, dengan wajah-Nya yang Mulia, dengan kekuasan-Nya yang abadi, dari GODAAN SYAITHAN yang terkutuk.

Dari Abdullah bin Amr bin 'Ash, dia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika masuk masjid, beliau membaca doa ini. Lalu beliau bersabda : 

فَإِذَا قَالَ: ذَلِكَ قَالَ الشَّيْطَانُ: حُفِظَ مِنِّي سَائِرَ الْيَوْمِ

Jika orang membaca doa ini, maka syaithan berteriak : Orang ini dilindungi dariku sepanjang hari. (H.R Abu Daud dan dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Kedua : Doa ketika keluar masjid dan juga  dianjurkan  membaca doa berlindung dari syaithan, yaitu :

بِسٌمِ اللهِ واصللاةُ وَالسَلاَمُ عَلى رَسُوٌلِ اللهِ, اَللَّهُمَّ اِنِّيٌ أَسٌألُكَ مِنٌ فَضٌلِكَ, اللَّهُمَّ اعٌصِمٌنِيٌ مِنَ الشَيٌطَانِ الرَّجِيٌمِ  

Dengan Nama Allah, semoga shalawat terlimpahkan kepada Rasulullah. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon karunia-Mu kepada-Mu. Ya Allah, lindungilah aku dari godaan syaithan yang terkutuk. (Lihat Ensiklopedi Adab Islam, Syaikh Abdul Aziz as Sayyid Nada)

Selain itu juga ada doa masuk dan keluar masjid  yang diriwayatkan oleh Imam at Tirmidzi.

(1)  Doa Masuk Masjid

رب اغفر لي ذنوبي ، وافتح لي أبواب رحمتك

Rabbighfirli Dzunubi Waftahli Abwaaba Rahmatik. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, dan bukalah untukku pintu-pintu Rahmat-Mu  (H.R at Tirmidzi).

(2) Doa Keluar Masjid


رب اغفر لي ذنوبي وافتح لي أبواب فضلك

Rabbighfirli Dzunubi, Waftahlii Abwaaba Fadhlik. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, dan bukalah untukku pintu-pintu keutamaan-Mu. (H.R at Tirmidzi).

 

Sungguh sangatlah banyak faedah dan keutamaan yang didapat oleh hamba hamba Allah yang senantiasa membaca doa masuk dan keluar masjid yaitu memohon perlindungan kepada Allah dari syaithan  yang selalu mengajak manusia kepada keburukan.

 

Selain itu ketahuilah bahwa ada juga  faedah lainnya membaca doa ketika masuk dan keluar masjid, diantaranya :

 

Pertama : Sebagai salah satu wujud ketundukan seorang hamba.

Doa adalah permohonan dan sebagai wujud  merendahkan diri seorang hamba kepada Khaliq-nya. Kita butuh perlindungan dan kebaikan dari-Nya. Ini kita tunjukkan dengan memohon dan berdoa kepada Allah. Allah berfirman :  

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ إِلَى اللَّهِ ۖ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ

Wahai manusia !. Kamulah yang membutuhkan Allah dan Allah Dia-lah yang Mahakaya (tidak membutuhkan sesuatu) Maha Terpuji. (Q.S Faatir 15)

 

Kedua : Sebagai salah satu wujud mengamalkan sunnah

Ketahuilah bahwa salah satu kewajiban kita dalam beragama adalah mempelajari sunnah, memegang sunnah dan mengamalkannya. Sungguh membaca doa ketika masuk dan ketika keluar dari masjid adalah termasuk. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam yang mengajarkannya. Oleh karena itu maka hamba hamba Allah berusalah untuk senantiasa mengamalkannya. Sungguh, orang orang beriman   yang  menghidupkan sunnah akan bersama Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam di surga yaitu sebagaimana sabda beliau :

 من أحيا سنتي فقد أحبني ومن أحبني كان معي في الجنة .

Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku maka dia telah mencintaiku. Barangsiapa mencintaiku maka dia akan bersamaku di surga. (H.R at Tirmidzi).

Ketiga : Doa adalah ibadah yang mendatangkan pahala.

Setiap kali seseorang berdoa lalu  mengatakan : ”Wahai Rabb-ku, Wahai Rabb-ku” dan bersungguh-sungguh dalam doanya, maka Allah Ta’ala akan memberikan pahala atas doanya tersebut, baik doanya tersebut dikabulkan atau ditunda sementara pengabulannya oleh Allah Ta’ala. Hal ini karena doa termasuk ibadah. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : 

الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ

Doa adalah ibadah(HR. Tirmidzi no. 2969. Dinilai shahih oleh Syaikh al Albani).

Wallahu A'lam. (2971).

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar