Senin, 13 Maret 2023

SURGA MEMOHON AGAR DOA ORANG MINTA SURGA DIPERKENANKAN

 

SURGA MEMOHON AGAR DOA ORANG MINTA SURGA DIPERKENANKAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Aslinya manusia berasal dari surga, lalu diturunkan ke bumi, sebagaimana firman Allah Ta'ala :

قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Turunlah kamu semuanya dari surga itu !. Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, Maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Q.S al Baqarah 38).

Sungguh, dengan rahmat Allah, orang orang beriman akan kembali lagi ke surga yaitu   berbekal  dengan iman dan amal shalih. Allah Ta’ala berfirman :  

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Buruj 11).

Selain itu ketahuilah bahwa sungguh beruntung orang orang yang senantiasa berdoa meminta surga maka surga mendoakan mereka  agar doa orang yang meminta surga itu diperkenankan atau dijabah. Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu , Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

Barangsiapa yang meminta surga tiga kali, maka surga akan berkata : Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.  Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka tiga kali, maka neraka akan berkata : Ya Allah, lindungilah dia dari neraka. (H.R Imam Ahmad, an Nasa'i dan at Tirmidzi  dan juga yang selainnya. Hadis ini dinilai hasan oleh Syu'aib al Arnauth dan dinilai shahih oleh Syaikh al Albani).

Diantara doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika meminta surga dan dijauhkan dari dari neraka adalah : 

اَللَّهُمَّ إني أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لي خَيْرًا

"Allaahumma innii as-alukal jannata wa maa qarraba ilaihaa min qaulin au ‘amal, wa a’uudzu bika minan-naari wa maa qarraba ilaihaa min qaulin au ‘amal, wa as-aluka an taj’ala kulla qadhaa-in qadhaitahu lii khairan.”

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan segala hal yang mendekatkan kepadanya, dari perkataan maupun perbuatan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan dari segala hal yang mendekatkan kepadanya, dari perkataan maupun perbuatan. Dan aku mohon kepada-Mu agar Engkau jadikan setiap yang Engkau takdirkan bagiku adalah baik. (H.R Imam Ahmad dan Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Selain itu, ketahuilah bahwa seseorang boleh berdoa meminta surga dan dijauhkan dari neraka di setiap waktu dan  dengan doa doa yang lain dan  boleh juga dengan  doa doa dalam bahasa yang dipahami.  Wallahu A'lam. (2.954)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar