Sabtu, 30 Mei 2020

DAPAT NAUNGAN DI AKHIRAT JIKA HATI TERPAUT DENGAN MASJID


DAPAT NAUNGAN DI AKHIRAT JIKA HATI TERPAUT 
DENGAN MASJID

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam satu hadits dari Abu Hurairah disebutkan bahwa ada tujuh golongan yang mendapat NAUNGAN DI SISI ALLAH TA’ALA di akhirat kelak. Satu diantaranya adalah laki laki yang hatinya terpaut dengan dengan masjid. Rasululah Salallahu ‘alaihi Wassalam bersabda :

وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ

Dan seorang laki laki yang hatinya terpaut dengan masjid. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Imam Ibnu Hajar berkata : Yang dimaksud naungan di sisi Allah adalah naungan ‘Arsy Allah Ta’ala. (Fathul Bari).

Jika hati  seseorang terpaut dengan masjid, maka dia menunjukkan rasa cintanya kepada rumah Allah. Dia senantiasa mengambil banyak kesempatan untuk banyak beribadah di masjid seperti  shalat dan berdzikir  dan yang lainnya. Dan ketika keluar dari masjid hatinya sangat menginginkan untuk segera kembali lagi. Itulah diantara tanda hati seseorang terpaut dengan masjid.

Sebagai penutup tulisan ini dinukilkan satu  hadits tentang malaikat yang mendoakan orang orang yang berada di masjid.    Rasulullah Salallahu ‘alai Wasallam bersabda :

إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فِي صَلَاةٍ مَا كَانَتْ الصَّلَاةُ تَحْبِسُهُ وَالْمَلَاءِكَةُ يُصَلَّونَ عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مَجْلِسِهِ الَّذِي صَلَّى فِيهِ يَقُولُونَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ اللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ مَالَمْ يُحْدِثْ فِيْهِ مَالَمْ يُؤْذِ فِيهِ

Sesungguhnya apabila salah seorang di antara kalian telah masuk ke dalam masjid maka dinilai melakukan shalat selama menunggu waktu shalat (berikutnya) tiba. Para Malaikat akan mendoakan kepada seseorang di antara kalian selama dia berada di tempat shalatnya.

Para Malaikat mendoakan : Ya Allah, ampunilah dia, sayangilah dia. Ya Allah, terimalah taubatnya. Selama dia belum berhadats (belum batal wudhu) dan tidak merusak. (H.R Ibnu Majah dan Abu Dawud). 

Oleh karena itu, hamba hamba Allah hendaklah senantiasa menyangkutkan hatinya di masjid, terpaut dengan masjid yaitu dengan senantiasa memakmurkannya. Itulah salah satu jalan untuk mendapatkan naungan Allah Ta’ala di akhirat kelak  yang tiada naungan kecuali naungan-Nya.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.995)

  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar