Kamis, 21 Mei 2020

BERDOA DAN SALING MENDOAKAN AGAR AMALAN RAMADHAN DITERIMA


BERDOA DAN SALING MENDOAKAN AGAR AMALAN
RAMADHAN DITERIMA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Pada saat Ramadhan berakhir, para hamba hamba Allah merasa sedih karena bulan yang penuh berkah dan yang padanya nilai amal ibadah dilipatgandakan telah berakhir. Kenapa ?, karena  banyak  diantara kita  yang merasa  belum sempat beramal secara maksimal. Dengan kata lain, belum puas beramal sedangkan Ramadhan yang akan datang belum tentu didapat.

Selain bersedih kita juga cemas bahkan takut kalau amal ibadah kita di Ramadhan tahun ini tak diterima dan dosa dosa kita belum diampuni oleh Allah Ta’ala, meskipun kita telah berusaha semampu kita.

Ketahuilah bahwa salafush shalih, orang orang yang jauh lebih hebat iman dan amal shalihnya dibanding kita juga merasa cemas kalau amalnya tak diterima apalagi kita.  
Imam Ibnu Rajab al Hambali meriwayatkan bahwa sebagian salaf menampakkan kesedihan pada hari idul fitri, kemudian dikatakan pada mereka : Hari ini adalah hari kegembiraan dan kesenangan !. (Mengapa engkau bersedih, peny.)

Mereka menjawab : Kalian benar, akan tetapi aku hanyalah seorang hamba yang diperintahkan oleh Rabb-ku agar beramal. Aku tidak tahu apakah Rabb menerima amalku atau tidak. (Lath’if al Ma’arif).

Imam Ibnu Rajab al Hambali juga menyebutkan bahwa  sebagian salaf berkata : Dahulu para salaf berdoa kepada Allah selama enam bulan agar mereka disampaikan kepada bulan Ramadhan. Kemudian mereka juga BERDOA SELAMA ENAM BULAN (SETELAH RAMADHAN) AGAR ALLAH MENERIMA AMALAN MEREKA DI BULAN RAMADHAN (Lath’if al Ma’arif).

Oleh karena itu mari kita BERDOA DAN SALING MENDOAKAN dan berharap Allah Ta’ala menerima ibadah kita terutama ibadah Ramadhan dan yang lainnya.

Pertama : Kita berdoa untuk diri sendiri. Diantara doa yang dianjurkan adalah :

(1) Doa Nabi Ibrahim : 

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Ya Allah, terimalah amal kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 127).

(2) Doa yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam :

   اللهُّمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعًا وَ رِزْقاً طَيِّباً وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allah sungguh aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang baik, dan amalan yang diterima. (H.R Ibnu Majah dan Ibnu Abdil Bar, dari Ummul Mu’minin, Ummu Salamah, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Kedua : Kita saling mendoakan agar amal diterima.

Dalam beberapa riwayat dari beberapa sahabat radhiyallahu ‘anhum disebutkan  bahwa mereka biasa mengucapkan selamat di hari raya dan juga  dengan mengucapkan kalimat SALING MENDOAKAN.

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘Ied  satu sama lain saling mengucapkan : TAQABBALLAHU MINNA WA MINKA. Semoga Allah menerima amalku dan amalmu). Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad riwayat ini hasan dalam Fathul Bari dan Syaikh al Albani mengatakan shahih dalam Tamamul Minnah).

Dengan  berdoa dan saling mendoakan semoga Allah Ta’ala menerima  amal ibadah dan juga amalan di bulan Ramadhan. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.984).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar