Rabu, 20 Mei 2020

DOA MEMOHON KEBAIKAN PADA DZIKIR PAGI DAN PETANG


DOA MEMOHON KEBAIKAN DALAM DZIKIR
PAGI DAN PETANG

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam menjalani kehidupan ini, orang orang beriman terus menerus memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala yaitu melalui doa. Kebaikan yang diminta kepada Allah Ta’ala  bukan hanya kebaikan dunia tapi juga kebaikan akhirat sebagaimana doa yang diajarkan-Nya :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Rab kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab neraka. (Q.S al Baqarah 201).

Ketahuilah bahwa dalam dzikir pagi yaitu setelah shalat shubuh dan dzikir petang setelah shalat ashar Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam mengajarkan pula banyak doa untuk memohon kebaikan diantaranya :

Pertama : Dalam dzikir pagi.\

Berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim dan yang lainnya.
 
أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu KEBAIKAN DI HARI INI DAN KEBAIKAN SESUDAHNYA. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan
dan keburukan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur. (H.R Imam Muslim dan yang selainnya)

Diantara faedah doa ini adalah meminta kepada Allah Ta’ala  kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya, juga agar terhindar dari keburukan di hari ini dan keburukan sesudahnya. Di dalamnya berisi pula permintaan agar terhindar dari rasa malas padahal mampu untuk beramal, juga agar terhindar dari keburukan di masa tua. 

Di dalamnya juga berisi permintaan agar terselamatkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang merupakan siksa terberat di hari kiamat. (Syarah Hisnul Muslim)

Kedua : Dalam dzikir petang.

 Berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim dan yang selainnya.

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ للهِ، وَالْحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Kami telah memasuki waktu petang dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu KEBAIKAN DI MALAM INI dan kebaikan sesudahnya.
Aku berlindung kepadaMu dari KEJAHATAN DI MALAM INI dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan keburukan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.
Diantara faedah doa ini adalah meminta kepada Allah kebaikan di malam ini dan kebaikan sesudahnya, juga agar terhindar dari keburukan di malam ini dan keburukan sesudahnya. Di dalamnya berisi pula permintaan agar terhindar dari rasa malas padahal mampu untuk beramal, juga agar terhindar dari keburukan di masa tua. 
Di dalamnya juga berisi permintaan agar terselamatkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang merupakan siksa terberat di hari kiamat kelak. (Syarah Hisnul Muslim).
Sungguh sangatlah baik jika orang orang beriman menghafalkan dan melazimkan  membaca doa ini dalam rangkaian  dzikir pagi dan dzikir petang. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita. Wallahu A’lam. (1.982)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar