Minggu, 10 Mei 2020

SIAPA YANG MEMBERITAHUKAN INI DAN ITU HARAM NERAKA BAGINYA ??


SIAPA MEMBERITAHUKAN INI DAN ITU 
HARAM NERAKA BAGINYA ??

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Judul tulisan ini adalah potongan kabar dari   sebagian orang dan juga sharing di media sosial. Salah satu diantaranya dinukil APA ADANYA sebagai berikut : 

 MENGINGATKAN : Tepat pukul 18.00 Wib habis adzan Magrib malam nanti,akan datangnya Malam Nuzululquran . RASULULLAH BERSABDA : "Barang Siapa Yang Memberitahukan BERITA NUZULULQURAN kepada Yang Lain maka HARAM API NERAKA BAGINYA”.  Dan tolong baca sebentar saja kita berdzikir mengingat Allah, Bismillah "Subhanallah,Walhamdulillah, Walaa ilaaha ilallah, Allahu Akbar, Laa haula wala quwata illa billahil aliyil adzim.” 

Bila disebarkan, Anda akan membuat beribu ribu manusia berzikir kepada Allah Subahanahu wa Ta’ala.

Maaf... Jangan putus di Anda. Gak sampai 1 menit kok. Allah Maha Besar...”

Inilah bunyi salah tulisan yang agak sering kita ketemu di pembicaraan dan di media sosial. Dalam kutipan tulisan di atas   dikaitkan dengan BERITA NUZUL QUR AN.
Ada lagi tulisan senada yang dikaitkan DENGAN DATANGNYA BULAN RAJAB, yaitu siapa yang memberitahukan datangnya bulan Rajab haram neraka baginya. Ada pula dengan DATANGNYA BULAN SYA’BAN. Ada pula yang dikaitkan dengan bulan (yang katanya) malam ini berada tepat selurus dengan Ka’bah. Ada pula yang dikaitkan dengan malam isra’ mi’raj-nya Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam. Dan juga banyak yang lainnya. 

Intinya adalah dengan memberitahukan berita ini dan itu yang disebutkan, maka HARAM API NERAKA BAGINYA Lalu para pendengar atau pembaca berita itu diminta memberitahukan atau re share sebanyak mungkin kepada orang lain. 

Sungguh berita seperti ini tak ada sumbernya yang jelas. Tidak ada nilai. Dalam berita itu disebut pula RASULULAH BERSABDA. Tapi tak disebut siapa perawi haditsnya, ada di kitab apa juga tak disebut. 

Sesuatu yang perlu dikhawatirkan dalam hal ini adalah sekiranya jatuh kepada berdusta atas diri Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam.  Ketahuilah berdusta atas nama beliau adalah sangat berat hukumannya sebagaimana sabda beliau :

Dari Mughirah, ia mendengar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi Wassallam bersabda :

إِنَّ كَذِبًا عَلَىَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta pada selainku. Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim).
Dan juga  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

فَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ  بنيَ لَهُ بَيْتٌ فِي جَهَنَّمَ

Barangsiapa berdusta atas namaku, maka akan dibangunkan baginya rumah di (neraka) Jahannam. (H.R ath  Thabrani, Mu’jam al Kabir).

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah memilah dan memilih sebelum menyampaikan suatu kabar, baik secara lisan ataupun tulisan termasuk di media sosial. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.973)
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar