Rabu, 20 Mei 2020

ADA KALIMAT DZIKIR YANG MUDAH DIAMALKAN BANYAK KEUTAMAANNYA


ADA KALIMAT DZIKIR YANG MUDAH DIAMALKAN
BANYAK KEUTAMAANNYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta’ala memerintahkan orang orang beriman untuk banyak berdzikir yaitu selalu mengingat-Nya sebagaimana firman-Nya : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Wahai orang orang yang beriman !. Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak banyaknya.  (Q.S al Ahzaab 41).

Kemudian, orang orang yang banyak berdzikir dosanya akan diampuni dan diberi pahala yang besar. Allah Ta’ala berfirman :
وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Laki laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka AMPUNAN DAN PAHALA YANG BESAR. (Q.S al Ahzaab 35)

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan bahwa dzikir kepada Allah Ta’ala akan menyelamatkan anak Adam dari adzab yaitu sebagaimana sabda beliau :
مَا شَيْءٌ أَنْجَى مِنْ عَذَابِ اللهِ مِنْ ذِكْرِ اللهِ

Tidak ada amal yang dilakukan anak Adam yang lebih menyelamatkanya dari adzab Allah Ta’ala selain dari dzikir kepada-Nya. (H.R Imam Ahmad, at Tirmizi dan Ibnu Majah).

Oleh karena itu maka hamba hamba Allah senantiasa berdzikir di setiap keadaannya baik dengan dzikir muqayyad maupun dzikir mutlak. Diantara kalimat dzikir yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam kepada kita adalah  empat kalimat dzikir yang paling utama dan paling agung yaitu :

1. Subhanallah, 2. Alhamdulillah, 3. Lailaha ilallah dan 4. Allahu Akbar. Beliau sangat menganjurkan kita berdzikir dengan empat kalimat ini disamping kalimat kalimat taiyibah yang lainnya.  Keutamaan dan keagungan empat kalimat ini sangatlah banyak sebagaimana dijelaskan  dalam beberapa sabda Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam, diantaranya adalah :

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ. لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ

Dari Samurah bin Jundub, dia berkata, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : Perkataan yang paling dicintai Allah ada empat : 1. Subhanallah (Mahasuci) 2. Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) 3. La ilaaha illallah (Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah) dan 4. Allahu Akbar (Allah Mahabesar). Tidak mengapa engkau memulai menyebutnya dari yang mana saja  (H.R Imam Muslim).

Ketahuilah bahwa  Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memilih empat kalimat  bagi para hamba-Nya. Dan pahala yang besar disediakan bagi orang yang melazimkan diri untuk membacanya.

Dari Abu Hurairah dan juga dari Abu Sa’id al Khudri,  Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda :  “Sesungguhnya Allah telah memilih dari perkataan empat kalimat : Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallaah dan Allahu Akbar.
Maka barangsiapa mengucapkan Subhanallah, Allah menulis duapuluh kebaikan baginya atau dihapus darinya duapuluh kesalahan. Barangsiapa mengucapkan Alllahu Akbar maka ia mendapatkan seumpama yang tadi.

Barangsiapa membaca Laa ilaaha ilallaah akan mendapat seumpama yang tadi. Barang siapa membaca Alhamdulillahi rabbil ‘alamin dengan ikhlas dari dirinya maka dituliskan baginya tigapuluh kebaikan dan dihapuskan darinya tigapuluh kesalahan. (H.R Imam Ahmad dan al Hakim, Lihat Shahihut Targhib wa Tarhiib).

Oleh karena itu hamba hamba Allah sangat dianjurkan berdzikir dengan kalimat ini dan tentu juga dengan kalimat kalimat dzikir lainnya yang disyariatkan   sebagai jalan  mendekatkan diri kepada-Nya. Wallahu A’lam. (1983)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar