Jumat, 22 Mei 2020

PAHALA PUASA SANGATLAH BANYAK DAN TANPA HITUNGAN


PAHALA PUASA SANGATLAH BANYAK DAN TANPA HITUNGAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Ketika sampai pada hari terakhir Ramadhan, hamba hamba Allah ada yang bersedih karena MERASA belum bisa beribadah mengisi bulan Ramadhan sepenuhnya. Padahal Ramadhan tahun depan tak ada yang menjamin akan bisa diperoleh. Umur manusia ada ditangan Allah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Tapi hakikatnya kita bergembira karena telah berusaha melakukan ibadah ibadah yang disyariatkan pada bulan Ramadhan ini terutama puasa wajib dan mencari lailatul qadr serta melakukan ibadah ibadah yang lainnya. 

Dalam hal ini, hamba hamba Allah hendaklah berbaik sangka kepada Rabb Yang Pengasih Maha Penyayang bahwa Allah Ta’ala telah menerima amalan dan telah mengampuni dosa dosa.  Rasulullah Salallahu’alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah).

Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam memberi kabar gembira kepada orang orang beriman tentang pahala puasa yang dilipatgandakan bahkan tanpa hitungan. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ. قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: إِلاَّ الصَّوْمَ، فَإِنَّهُ لِيْ وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي

Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman : Kecuali puasa, maka Aku yang akan membalas orang yang menjalankannya karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsunya dan makannya karena Aku. (H.R Imam Muslim)  

Selain itu ketahuilah bahwa orang orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu khusus  yaitu PINTU RAYYAN,  sebagaimana BERITA GEMBIRA yang disebutkan sabda Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam :

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut AR RAYYAN. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru : Mana orang yang berpuasa. Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya.  (H.R Imam  Bukhari dan Imam Muslim).


Itulah sebagian pahala dan keutamaan yang akan diperoleh hamba hamba Allah yang senantiasa dan sungguh sungguh melaksanakan puasa sebagaimana yang disyariatkan. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.985).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar