Kamis, 07 Mei 2020

PERBANYAK SEDEKAH JIKA MENGHADAPI KESUSAHAN


PERBANYAK SEDEKAH JIKA MENGHADAPI SUSAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap orang sangat ingin hidup tenang, jauh dari kesusahan dan musibah berupa penyakit apalagi berbentuk wabah yang meluas. Tapi ketahuilah bahwa sungguh Allah Ta’ala telah mengingatkan bahwa  kesusahan dan musibah adalah tersebab perbuatan manusia. Allah Ta’ala telah mengingatkan dalam firman-Nya :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ    

Dan musibah apa saja yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kesalahanmu). Q.S asy Syuura 30.

Imam Ibnu Qayyim al Jauziyah rahimahullah mengatakan : Di antara akibat dari berbuat dosa adalah menghilangkan nikmat dan AKIBAT DOSA ADALAH MENDATANGKAN BENCANA (MUSIBAH).  Oleh karena itu, hilangnya suatu nikmat dari seorang hamba adalah karena dosa. Begitu pula datangnya berbagai musibah juga disebabkan oleh dosa. (Al Jawabul Kaafi).

Jadi, ketika seseorang banyak berbuat maksiat maka Allah Ta’ala maka Allah murka kepadanya. Lalu diberi berbagai kesulitan atau musibah. Bahwa salah satu cara agar murka Allah itu hilang adalah  BERHENTI DARI BERBUAT KEBURUKAN DAN MEMOHON AMPUN KEPADA-NYA.

Selain itu ketahuilah bahwa untuk menghilangkan murka Allah Ta’ala sehingga musibah diangkat adalah DENGAN BANYAK BERSEDEKAH. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 إن صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ

Sesungguhnya sedekah yang dikeluarkan secara rahasia dapat memadamkan murka Allah Subhanahu wa Ta’ala. (H.R ath Thabrani, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).
Orang yang bersedekah menunjukkan bahwa dia seorang hamba berlaku ikhlas kepada Allah. Ia berlaku tulus kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala  yaitu bersedekah dengan cara diam-diam. Dengan demikian Allah Subhanahu wa Ta’ala akan ridha kepada-nya dan Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengangkat adzab ataupun murka-Nya atas hamba tersebut. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api. (H.R  at Tirmidzi.

Dan juga, ketahuilah bahwa seseorang yang berada dalam keadaan susah bisa jadi karena didatangi penyakit dan yang lainnya  maka juga sangat dianjurkan untuk  semampunya berusaha melapangkan kesusahan orang lain, diantaranya DENGAN CARA BERSEDEKAH sehingga Allah Ta’ala akan menolongnya dan mengangkat kesusahan dirinya. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ

Dan Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya. (H.R Imam Muslim).

Dari Abu Hurairah,  dia berkata,  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  bersabda :

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا ، نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ ، يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا ، سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ.ِ

Barangsiapa melapangkan seorang mukmin dari salah satu kesusahan dunia, maka Allah akan melapangkannya dari salah satu kesusahan di hari Kiamat. Dan barangsiapa meringankan penderitan orang lain, maka Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Oleh karena itu, ketika menghadapi banyak kesusahan termasuk didera penyakit dan yang lainnya, maka perbanyaklah bersedekah. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.970).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar