Selasa, 19 Mei 2020

ADA AMALAN YANG SANGAT BAIK DILAKUKAN SEBELUM FAJAR


ADA AMALAN YANG SANGAT BAIK DILAKUKAN
SEBELUM FAJAR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Hamba hamba Allah yang senantiasa mencari karidhaan-Nya, sudah terbiasa bangun sebelum fajar atau dengan istilah lain disebut sepertiga malam terakhir. Amalan yang utama dikerjakan adalah shalat lail atau shalat tahajjud. 

Sungguh ini benar benar sangat baik. Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala memuji orang orang yang senantiasa melakukan shalat malam yaitu sebagaimana  dijelaskan dalam firman-Nya. :

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ

Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. (Q.S adz-Dzaariyaat 17).

Syaikh as Sa’di berkata :  (Jenis) kebaikan paling utama dalam menyembah Yang Maha Pencipta  adalah shalat malam yang menunjukkan keikhlasan serta kesesuaian antara hari dan lisan. “Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam”. Artinya tidur mereka hanya sebentar. Kebanyakan mereka melakukan ketaatan kepada Rabb mereka antara shaat, membaca al Qur an, berdzikir, berdoa dan menundukkan hati. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).   

Ketahulah bahwa  shalat lail adalah shalat yang paling utama setelah shalat fardhu. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Salam bersabda : 

وَأفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيضَةِ : صَلاَةُ اللَّيْلِ

Dan shalat yang paling utama setelah shalat yang fardhu adalah shalat ditengah malam. (H.R Imam Muslim dari Abu Hurairah).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan dalam sabda beliau bahwa shalat malam adalah KEBIASAAN ORANG ORANG SHALIH : 

  عَلَيٌكُمٌ بِقِيَامِ اللَّيٌلِ فَإِنَهُ  دَأَبُ الصَّالِحِيٌنَ قَبٌلِكُمٌ ، وَهُوَ قُرٌبَةٌ اِلَى رَبِّكُم ٌ ، ومُكَفِّرَةٌ لِلسَّيِّءَاتِ، مَنٌهَةٌ عَنٌ الإِثٌمِ

Hendaklah kalian melakukan shalat malam karena ia adalah kebiasaan orang orang shalih sebelum kalian, ia sebagai amal mendekatkan diri bagi kalian kepada Allah, penghapus kesalahan kesalahan dan menjauhkan dosa. (H.R  at Tirmidzi,  al Baihaqi dan al Hakim).

Selain shalat malam, sungguh ada amalan yang BENAR BENAR SANGAT BAIK dilakukan pada sebelum fajar  yaitu BERDOA DAN MEMOHON AMPUN. 

Bahwa pada saat itu Allah Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabarkan kepada hamba hamba-Nya bahwa akan dikabulkan  doa dan diampuni dosa mereka. Ini dijelaskan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam sabda beliau :  
  
يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman : Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni. (H.R Imam  Bukhari dan Imam Muslim)

Oleh karena itu hamba hamba Allah akan senantiasa menjaga waktu sepertiga terakhir disetiap malam untuk melakukan amal shalih termasuk shalat lail dan juga BERDOA DAN MEMOHON AMPUN kepada-Nya.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.981).



    

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar