Senin, 06 Maret 2017

JALAN UNTUK MENDAPATKAN KEHIDUPAN YANG BAIK



JALAN UNTUK MENDAPATKAN KEHIDUPAN YANG BAIK

Oleh : Azwir B. Chaniago

Manusia yang berakal (sehat) tentulah menginginkan kehidupan yang baik bagi dirinya, keluarganya dan juga bagi saudara saudaranya sesama muslim. Bahkan sebagai hamba Allah, orang beriman selalu berdoa  untuk mendapatkan kebaikan itu di dunia dan di akhirat sebagaimana disebutkan dalam frman-Nya   : “Wa min hum man yaquulu rabbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanatan  wa fil aakhirati hasanatan  waqiinaa ‘adzaban naar”. Dan diantara mereka ada yang berdoa : Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab neraka. (Q.S al Baqarah 201).

Lalu apakah jalan untuk memperoleh kehidupan yang baik adalah dengan bekerja keras mencari dan mengumpulkan harta yang banyak, mengejar jabatan dan pangkat yang tinggi atau popularitas ?. Ternyata tidak, tidak begitu.

Sungguh Allah Ta’ala telah memberikan petunjuk bagi hamba hamba-Nya yang betul betul ingin untuk mendapatkan kehidupan yang baik. Allah berfirman : “Man ‘amila shaalihan dzakarin au untsa wahuwa mukminun fala nuhyiyannahu hayaatan thaiyibah. Wala najziyannahum ajrahum biahsani maa kaanu ya’maluun”. Barangsiapa yang beramal saleh, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Syaikh as Sa’di berkata : Sesungguhnya keberadaan iman menjadi syarat sah dan diterimanya amal shalih. Bahkan tidak bisa disebut amal shalih kecuali disertai dengan keimanan. (Karena) iman menuntut (munculnya) amal shalih. Barang siapa yang telah mengkombinasikan antara iman dan amal shalih : “maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik”. Hal tersebut dengan pemberian ketenteraman hati dan ketenangan jiwa serta tiada menoleh kepada obyek yang mengganggu hatinya. Dan Allah akan memberinya rizki yang halal lagi baik dari arah yang tidak disangka sangkanya. 

“Dan sungguh akan Kami berikan balasan kepada mereka” di akhirat “dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. Yaitu berupa kenikmatan (surga) yang tidak pernah dilihat oleh pandangan mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terbetik di dalam hati manusia. Maka Allah memberinya kebaikan di dunia dan di akhirat. (Tafsir Taisir Karimir Rahman). 

Selain itu Allah Ta’ala juga menjelaskan  bahwa iman dan amal shalih  mendapat kabar gembira dengan surga sebagaimana firman-Nya : “ Wabasysyiril ladzina aamanuu wa ‘amilush shaalihaati anna lahum jannatin tajrii min tahtihal anhaar” Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang dibawahnya mengalir sungai sungai.  (Q.S al Baqarah 25)

Jadi kunci kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat kelak adalah iman dan amal shalih. Jangan abaikan dua hal ini. Iman saja tidak bermanfaat, amal shalih saja, juga tidak berguna, harus dua duanya. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (972)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar