Selasa, 03 Januari 2017

SURGA DAN NERAKA SAAT INI SUDAH DICIPTAKAN ALLAH



SURGA DAN NERAKA SAAT INI SUDAH DICIPTAKAN ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman menyakini dengan seyakin yakinnya tentang adanya surga dengan neraka yang dijanjikan Allah Ta’ala. Lalu ada pula yang bertanya apakah surga dan neraka itu telah ada saat ini. Apakah surga dan neraka itu baru akan diciptakan Allah Ta’ala setelah hari Kiamat atau setelah Yaumil Hisab ?.

Ketahuilah bahwa dalil dalil yang shahih telah menyebutkan bahwa surga dan neraka memang saat ini telah ada. Telah  diciptakan Allah Ta’ala.

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin menjelaskan bahwa surga dan neraka sudah ada  sebagaimana dijelaskan dalam al Kitab dan as Sunnah. Adapun (dalil dari) al Kitab,  Allah berfirman tentang neraka : “Wattaqun naaral latii u’iddat lil kaafiriin”. Dan peliharalah dirimu dari api neraka yan disediakan untuk orang orang kafir. (Q.S Ali Imran 131). Al I’dad (disiapkan) berarti telah disediakan.

Sedangkan tentang surga, Allah Ta’ala berfirman : “U’iddat lilmuttaqiin”. Disediakan untuk orang orang yang bertakwa. (Q.S Ali Imran 133). Al ‘iddat (disiapkan) bermakna telah disiapkan juga.

Adapun dalil dari as Sunnah :  Sungguh telah ada dalam ash Shahihain dan kitab lainnya dalam kisah gerhana matahati bahwa Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam berdiri untuk shalat. Maka ditampakkan kepada beliau surga dan neraka. Beliau melihateliau  surga hingga ingin mengambil satu tanda darinya kemudian terlintas dmikialam pikiran beliau untuk tidak mengambilnya.

Dan beliau menyaksikan neraka dan melihat ‘Amr bin Luhay al Khuza’I menyeret ususnya di dalam neraka karena dia adalah orang yang pertama kali memasukkan kesyirikan ke tanah Arab sehingga dia menanggung siksaan  orang yang datang setelahnya. 

Dan beliau menyaksikan seorang perempuan  disiksa di dalam neraka disebabkan dia menahan seekor kucing  sampai mati. Dia tidak memberinya makan dan tidak melepaskannya hingga makan serangga di bumi. 

Maka hal itu menunjukkan bahwa surga dan neraka sudah ada sekarang. (Kitab Majmuu’ Fataawaa asy Syaikh).

Demikianlah keterangan yang shahih tentang telah adanya surga dan neraka saat ini. Dan setiap hamba sangatlah dianjurkan  berdoa agar di jauhkan dari siksa neraka dan dimasukkan ke surga-Nya. : “Rabbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan wa qinaa ‘adzaaban naar” . Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab neraka. (Q.S al Baqarah 201). 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (917).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar