Sabtu, 04 April 2020

SYAITHAN TAK KUAT BERADA DI RUMAH YANG DIBACAKAN AL QUR AN


SYAITHAN TAK KUAT BERADA DI RUMAH
YANG DIBACAKAN AL QUR AN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Al Qur-an adalah Kalamullah, firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi wasallam melalui Malaikat Jibril, dengan lafal dan maknanya. (Lihat Ensiklopedi Islam jilid 4/132)

Sungguh al Qur an adalah puncak petunjuk bagi manusia terutama sekali bagi orang orang beriman agar bisa menjalani hidup dengan selamat di dunia dan di akhirat kelak. Dengan demikian maka menjadi kewajiban bagi setiap hamba untuk membaca, mempelajari makna maknanya, mengamalkannya bahkan ada pula kewajiban untuk mengajarkan sesuai kemampuan.

Jadi hamba hamba Allah haruslah sering  membaca dan mempelajarinya. Diantara tempat untuk  membaca al Qur an adalah di rumah selain di masjid ataupun tempat tempat taklim dan yang lainnya.

Ketahuilah ada beberapa keutamaan membaca al Qur an di rumah, diantara adalah bahwa syaithan kabur dari rumah yang dibacakan al Qur an. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengabarkan hal ini dalam sabda beliau :

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Jangan jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya syaithan itu akan lari dari rumah yang dibacakan surat al Baqarah di dalamnya. (H.R Imam  Muslim, dari Abu Hurairah)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga menjelaskan dalam sabda beliau : 

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامًا وَسَنَامُ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَإِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ خَرَجَ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak al Qur an adalah surah al Baqarah, dan sesungguhnya syaithan jika mendengar surah Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah al Baqarah. (H.R Hakim, dinilai hasan oleh Syaikh Albani).

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah menjelaskan sebab mengapa membaca surat al Baqarah dapat mengusir setan dari rumah. Syaithan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat al Baqarah maksudnya adalah, jika anda membaca surat al Baqarah, maka syaithan akan lari keluar dari rumah anda dan tidak akan mendekat. Sebabnya, karena dalam surat al Baqarah terdapat ayat kursi, nama-nama Allah serta terkandung ayat-ayat yang dapat mengusir syaithan dan ini membekas pada diri mereka. (Syarah Riyadhush Shalihin)

Abu Hurairah mengingat tentang rumah yang dibacakan al Qur an, beliau berkata : Rumah yang dibacakan Kitabullah akan banyak kebaikannya. Malaikat pun hadir dan syaithan syaithan PERGI DARINYA.

Adapun rumah yang TIDAK DIBACAKAN KITABULLAH akan terasa sempit bagi penghuninya, sedikit kebaikannya dan akan DIMASUKI SYAITHAN DAN MALAIKAT PUN KELUAR DARINYA. (Kitab az Zuhud Ibnul Mubarak).

Ketahuilah bahwa syaithan adalah musuh yang selalu siap untuk menyesatkan dan mengelincirkan orang orang beriman dari jalan yang lurus. Tujuan utama syaithan adalah mengajak Bani Adam untuk bersama sama dengannya memasuki api neraka. Allah Ta’la berfirman : 

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا ۚ إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Sungguh, syaithan itu musuh bagimu maka perlakukanlah dia sebagai musuh, karena sesungguhnya syaithan itu hanya mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni neraka yang bernyala nyala (Q.S Faatir 6).

Syaikh as Sa’di berkata : Hendaknya permusuhan syaithan kepada kalian menjadi perhatian. Jangan kalian meremehkan serangan serangan (musuh ini) yang bisa terjadi setiap waktu. Sebab syaithan bisa melihat kalian dan kalian tidak bisa melihatnya. Dan dia selalu mengintai kalian.  (Kitab Taisir Tafsir Kariimir Rahman)  

Oleh sebab itu maka orang orang beriman harus  berusaha mengusir syaithan dari rumahnya yaitu dengan memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan juga dengan memperbanyak membaca al Qur an.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.936)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar