Rabu, 15 April 2020

SUNGGUH MALAIKAT MEMOHON AMPUN UNTUK ORANG BERIMAN


SUNGGUH MALAIKAT MEMOHONKAN AMPUN 
UNTUK ORANG BERIMAN
 
Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh beruntung orang orang beriman karena didoakan Malaikat dalam banyak keadaan. Didoakan oleh makhluk yang doanya mudah untuk diijabah karena mereka, para Malaikat, adalah makhluk yang selalu bertasbih mensucikan Allah Ta’ala dan tak pernah letih untuk menyembah-Nya. Allah Ta’ala berfirman : 

وَلَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَمَنْ عِنْدَهُ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ
يُسَبِّحُونَ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat malaikat) yang di sisi-Nya tidak mempunyai rasa angkuh untuk menembah-Nya dan tidak pula (merasa) letih. Mereka (malaikat malaikat) BERTASBIH TIDAK HENTI HENTINYA MALAM DAN SIANG. (Q.S al Anbiya’ 19-20)

Diantara malaikat malaikat yang mendoakan orang orang beriman adalah malaikat pemikul ‘Arsy, yaitu sebagaimana firman Allah Ta’ala :

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ
رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ ۚ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

(Malaikat malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya  bertasbih dengan memuji Rabb-nya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang orang yang beriman (seraya berkata) : Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu. Maka berilah ampunan kepada orang orang yang bertaubat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari adzab neraka.

Ya Rabb kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘And yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang orang shalih  di antara nenek moyang mereka, istri istri  dan keturunan mereka. Sungguh Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Dan peliharalah mereka dari (bencana) kejahatan. Dan orang orang yang Engkau pelihara dari (bencana) kejahatan pada hari itu. Maka Sungguh Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan dan demikian itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Mukmin 7-9).

Syaikh as Sa’di berkata : (Malaikat pemikul ‘Arsy dan malaikat yang ada di sekelilingnya mendoakan orang orang beriman). Ini adalah salah satu diantara faedah dan keutamaan (orang) beriman yang sangat banyak itu. Dimana para malaikat yang sama sekali tidak mempunyai dosa memohonkan ampun untuk orang orang yang beriman. Jadi seorang beriman, karena imannya memperoleh karunia yang agung ini. (Tafsir Taisir Karimir Rahman). 

Selain itu ada pula  doa malaikat  untuk hamba hamba Allah selama berada di tempat shalatnya. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الْمَلاَئِكَةُ تُصَلِّى عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِى مُصَلاَّهُ الَّذِى صَلَّى فِيهِ ، مَا لَمْ يُحْدِثْ ، تَقُولُ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ

Para malaikat akan mendoakan salah seorang di antara kalian selama ia tetap berada di tempat shalatnya, selama ia tidak berhadats. Malaikat mengucapkan  : Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia. (H.R Imam  Bukhari).

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah senantiasa menjaga imannya yaitu iman yang melahirkan amal shalih sehingga MENJADI ORANG YANG BERUNTUNG mendapat doa dari para malaikat pada banyak kesempatan dan keadaan.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.947) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar