Minggu, 26 April 2020

BENAR BENAR ADA BERKAH PADA MAKAN SAHUR


BENAR BENAR ADA BERKAH PADA MAKAN SAHUR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Makan sahur sangatlah kita kenal yaitu bagian dari rangkaian ibadah puasa. Makan sahur memang tidaklah sesuatu yang wajib tetapi ini termasuk sunnah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam yang sangat baik untuk diamalkan. Imam an Nawawi berkata : Para ulama telah bersepakat tentang sunnahnya makan sahur dan bukan satu kewajiban. (Syarh Shahih Muslim).

Kalau kita perhatikan ternyata sebagian orang merasa berat  ketika bangun untuk makan sahur, karena itulah salah satu waktu tidur lebih nyaman. Apalagi bagi orang orang yang tak terbiasa  bangun di waktu sahur. Sungguh makan sahur bukanlah sekedar memberi asupan gizi agar seseorang  lebih kuat secara fisik untuk berpuasa tetapi memiliki nilai yang JAUH LEBIH AGUNG dari itu.

Ketahuilah bahwa    Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan kepada kita umat beliau bahwa DALAM SAHUR ADA BERKAH. Beliau bersabda :

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

Makan sahurlah, karena di dalam (makanan) sahur itu terdapat keberkahan. (Muttafaq ‘alaih).

Selain itu, diriwayatkan pula dari  Abu Sa’id al Khudri, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلَا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ

Makan sahur adalah berkah maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang di antara kalian hanya minum seteguk air. (H.R Imam Ahmad, hadits Hasan).

Lalu apa makna berkah. Menurut KBBI,  berkah adalah : Karunia Allah yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah bersifat fisik dan rohani seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan berkah umur.

Dalam Syarah Shahih Muslim oleh  Imam Nawawi disebutkan  bahwa berkah memiliki dua arti yaitu : (1) Tumbuh, berkembang, atau bertambah,  dan (2) Kebaikan yang selalu ada.

Jadi sangatlah jelas bahwa  makan sahur bukanlah sekedar memberi asupan gizi agar seseorang  lebih kuat secara fisik untuk berpuasa. Akan tetapi ADA KEBERKAHAN padanya. Oleh karena itu akan merugi orang orang yang melalaikan makan sahur karena tak dapat berkahnya.

Selain itu ingatlah bahwa ketika seseorang MAKAN SAHUR  dengan  niat untuk  berpuasa baik puasa wajib ataupun puasa tidak wajib maka dia telah mengamalkan salah satu sunnah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasalam. Ketahuilah bahwa beliau telah bersabda :

 من أحيا سنتي فقد أحبني ومن أحبني كان معي في الجنة .

Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku maka dia telah mencintaiku. Barangsiapa mencintaiku maka dia akan bersamaku di surga. (H.R at Tirmidzi).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallah A’lam. (1.958).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar