Selasa, 07 April 2020

SALAH SATU DOA RASULULLAH PADA DZIKIR SETELAH SHALAT SHUBUH


SALAH SATU DOA RASULULLAH  PADA DZIKIR 
SETELAH SHALAT SHUBUH


Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Diantara kebiasaan  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  dan SANGAT SANGAT BAIK UNTUK KITA IKUTI   adalah membaca dzikir pagi yang berupa pujian kepada Allah dan juga doa.   Salah satu doa yang biasa dibaca oleh Rasulullah pada dzikir pagi beliau yaitu dzikir setelah shalat shubuh adalah : 

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, aku bermohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima. (H.R Imam Ahmad dan Imam Ibnu Majah, dari Ummu Salamah).

Dari hadits tentang doa ini,  kita bisa mengambil pelajaran, diantaranya adalah  :

Pertama : Ilman nafi’an. Rasulullah mengajarkan supaya memohon ilmu yang bermanfaat.
Ketahuilah bahwa yang dimaksud dengan ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan.  Jika tidak diamalkan maka bukanlah namanya ilmu yang bermanfaat. Sungguh buah ilmu adalah amal yang shalih.

Kedua : Rizqan thaiyiban. Rasulullah mengajarkan supaya memohon kepada Allah minta   rizki yang baik. Untuk mendapatkan rizki yang baik maka wajib bagi seorang hamba  melakukan pekerjaan ataupun melakukan usaha usaha yang halal. Tidak boleh mengambil rizki dari yang haram.  

Ketiga : Amalan mutaqabbalan. Rasulullah mengajarkan supaya bermohon agar  amalan diterima. Ketahuilah bahwa amalan yang diterima adalah amalan yang  baik yaitu ahsanu amala.

Allah Ta’ala berfirman :

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ


(Dialah) Yang menciptakan mati dan hidup untuk menguji kamu siapa yang paling baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Mahapengampun.  (Q.S al Mulk 2).      
 
Imam Fudhail bin Iyadh menjelaskan bahwa :  Ahsanu amala, paling baik amalnya  dalam ayat ini adalah paling ikhlas dan paling sesuai dengan syariat. Kemudian ada yang bertanya : Apakah maksud yang paling ikhlas dan paling sesuai dengan syariat ? 

Lalu beliau menjawab : Sesungguhnya amalan apabila ikhlas tetapi tidak sesuai dengan syariat maka tidak diterima. Demikian pula apabila sesuai dengan syariat tetapi tidak ikhlas maka amalan itu tidak diterima, hingga amalan tersebut ikhlas dan sesuai dengan syariat. (Hilyah al Auliya’).

Sungguh doa ini  sangatlah baik untuk kita amalkan dalam dzikir pagi setelah shalat shubuh sebagaimana diajarkan dan diamalkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dan diamalkan pula oleh para sahabat dan orang orang shalih sesudahnya.

Ketahuilah bahwa ketika mengamalkan doa ini maka selaraskanlah perbuatan kita dengan makna doa yang kita mohon kepada Allah Ta’ala.

(1) Saat kita meminta  ILMU YANG BERMANFAAT, maka harus banyak belajar ilmu dan bersegera mengamalkannya.

(2) Saat kita meminta RIZKI YANG BAIK, maka kita harus memilah milah rizki yang akan kita ambil. Yang syubhat kita jauhi apalagi yang haram.

(3) Saat kita meminta AMALAN YANG DITERIMA, maka periksa cara cara kita beramal apakah sudah betul  betul ikhlas dan apakah sudah sesuai dengan tuntunan syariat.

Nah, ketika  tiga point ini tidak kita usahakan untuk melakukannya maka berarti PERBUATAN KITA TAK SEJALAN ATAU TAK SELARAS DENGAN DOA KITA PANJATKAN INI.   

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam (1.941).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar