Sabtu, 04 April 2020

ALLAH TA'ALA MEMBERI YANG TERBAIK BAGI ORANG BERIMAN



ALLAH TA’ALA MEMBERI YANG TERBAIK 
BAGI ORANG BERIMAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Tidaklah Allah memberikan suatu kenikmatan atau rizki kepada hambanya yang beriman kecuali itu adalah yang terbaik baginya. Memang manusia sering tidak dapat membedakan antara penolakan dan penundaan atau penggantian yang lebih baik dari Allah Ta’ala. 

Terkadang manusia berharap untuk mendapatkan segala keinginannya didunia ini meskipun yang diminta itu terkadang adalah  sesuatu  yang tidak bernilai dan tidak dibutuhkannya. Padahal Allah Maha Mengetahui yang terbaik baginya.

Ketahuilah, kata al Imam Ibnul Qayyim :

Allah tidak menolak sesuatu yang diminta hamba-Nya melainkan karena Allah ingin memberikan yang lebih baik kepada hamba itu.
Allah tidak memberikan cobaan melainkan untuk kebaikan hambaNya.
Allah tidak menguji seorang hamba melainkan untuk mensucikan dirinya.
Allah tidak melahirkan seseorang kedunia melainkan agar dapat berbekal untuk menemui-Nya dengan meniti  jalan yang lurus agar mengantarkan (dengan selamat) kepada-Nya.
Allah tidak mematikan seseorang hamba (yang beriman) melainkan untuk menghidupkannya kembali (di alam yang lebih baik). Lihat Kitab Fawaidul Fawaid.

Dengan kasih sayang-Nya, Allah Ta'ala  senantiasa menyediakan rizki yang baik bagi hamba hamba-Nya yang beriman. Ketahuilah bahwa jika Allah menutup satu pintu rizki untuk seorang hamba maka sebenarnya Allah Ta’ala bermaksud membuka pintu rizki yang lain dan lebih baik. Bisa jumlah dan jenisnya yang lebih baik dan bisa pula keberkahannya yang bertambah. 

Sungguh Allah Ta’ala telah menjelaskan bahwa orang orang beriman akan diberikan kehidupan yang baik yaitu sebagaimana firman-Nya :

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang beramal saleh, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Imam Ibnu Katsir berkata : Inilah janji dari Allah Ta’ala bagi orang yang mengerjakan amal shalih, yaitu amal yang mengikuti al Qur an dan as Sunnah, baik laki laki maupun perempuan yang hatinya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Amal yang diperintahkan itu telah disyariatkan dari sisi Allah, yaitu Dia akan memberinya kehidupan yang baik  di dunia dan memberikan balasan di akhirat kelak dengan balasan yang lebih baik dari pada apa yang telah dikerjakannya. (Tafsir Ibnu Katsir).

Tentang ayat 97 dalam surat an Nahal ini, Syaikh as Sa’di berkata : “Maka sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka”. Yaitu (diberi) ketentraman hati dan ketenangan jiwa serta tiada menoleh kepada sesuatu yang mengganggu hatinya. Dan Allah Ta’ala memberinya rizki yang halal lagi baik dari arah yang tidak disangka sangkanya. Dan di akhirat (mendapat) aneka kenikmatan surgawi. Maka Allah memberinya kebaikan di dunia dan di akhirat. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.935)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar