Rabu, 15 April 2020

BIASAKAN BERDOA DAN BERDZIKIR KETIKA KELUAR RUMAH


BIASAKAN BERDOA DAN BERDZIKIR JIKA KELUAR RUMAH

Disusun Oleh : Azwir B. Chaniago

Agak sering kita mendengar kabar tentang adanya sebagian orang mendapatkan  perlakuan ataupun kejadian buruk ketika berada di luar rumah. Diantaranya ada yang ditipu, dicopet, dirampok, dilecehkan. Adapula YANG DISIHIR LALU HARTANYA DIAMBIL bahkan yang  di ATM-nya diambil pula. Tentang sihir ini  terkadang  juga disebut hipnotis yaitu hasil HASIL KERJASAMA MANUSIA DENGAN SYAITHAN. 

Lalu apa yang bisa dilakukan sebelum keluar rumah dan ketika telah berada diluar rumah agar kejadian buruk yang bermacam macam itu bisa dihindari. Ketahuilah bahwa cara paling utama adalah dengan berserah diri dan berharap perlindungan  dari Allah Ta’ala. Ini bisa dilakukan dengan membaca doa dan dzikir yang diajarkan Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya, diantaranya adalah :

Pertama : Membaca doa keluar rumah.

Sungguh,  Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam telah mengajarkan  dzikir yang sangat dianjurkan bagi seorang hamba  ketika keluar rumah, yaitu :

Beliau Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Barangsiapa yang ketika keluar rumah membaca (dzikir) :

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwwata illa billah (Dengan nama Allah aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya) maka Malaikat akan berkata  kepadanya, (Sungguh) engkau telah diberi petunjuk (oleh Allah), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan) sehingga syaithan pun tidak bisa mendekatinya.

Dan syaithan yang lain berkata kepada temannya; Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah). (H.R at Tirmidzi no. 3426 dan Abu Daud no. 5095. Dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Selain itu ada pula satu doa keluar rumah yang diriwayatkan dari Ummu Salamah, dia berkata : Tidaklah Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam keluar dari rumahku kecuali mengangkat pandangan beliau ke langit dan mengucapkan :

أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ   اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ
أَو أَزِلَّ أَو أُزَلَّ
أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ  أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ

Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari tersesat dan disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, berbuat zhalim atau dizhalimi dan berbuat jahil atau dijahili. (H.R Abu Dawud no. 5094)

Kedua : Membaca doa ketika singgah di suatu tempat.

Ketika keluar rumah kita terkadang perlu singgah di suatu tempat maka dianjurkan pula membaca doa yaitu  doa yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam, diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqqash  :

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya. (H.R Imam Muslim).

Syaikh Abdul Aziz bin Baz  mengatakan bahwa di antara yang paling penting dalam menangkal sihir adalah dengan membentengi diri dengan dzikir dan doa yang diajarkan. Di antaranya memperbanyak doa di atas, diucapkan di malam ataupun di siang hari, JUGA KALAU SINGGAH atau masuk di tempat manapun, baik itu di suatu bangunan, di padang sahara, di udara ataupun di lautan. (Majmu` Fataawaa).

Kedua : Senantiasa  berdzikir dalam perjalanan.

Diantara cara yang juga sangat baik untuk melindungi diri ketika keluar rumah adalah dengan SENANTIASA BERDZIKIR dalam perjalanan. Diantaranya adalah dengan membaca kalimat kalimat thaiyibah, misalnya : Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaha ilallah, Allahu Akbar ataupun kalimat thaiyibah yang lainnya.

Ketahuilah bahwa dzikir adalah benteng yang dapat melindungi dari gangguan  syaithan yang akan melakukan keburukan kepada hamba hamba Allah.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
 
وَآمُرُكُمْ أَنْ تَذْكُرُوا اللَّهَ فَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ خَرَجَ الْعَدُوُّ فِي أَثَرِهِ سِرَاعًا حَتَّى إِذَا أَتَى عَلَى حِصْنٍ حَصِينٍ فَأَحْرَزَ نَفْسَهُ مِنْهُمْ كَذَلِكَ الْعَبْدُ لَا يُحْرِزُ نَفْسَهُ مِنْ الشَّيْطَانِ إِلَّا بِذِكْرِ اللَّهِ

Dan aku memerintahkan kalian untuk banyak berdzikir kepada Allah. Permisalannya itu, seperti seseorang yang dikejar-kejar musuh, lalu ia mendatangi benteng yang kokoh dan berlindung di dalamnya. Demikianlah seorang hamba, tidak dapat melindungi dirinya dari syaithan, kecuali dengan dzikir kepada Allah (H.R Imam Ahmad).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah hendaklah membiasakan diri membaca doa dan dzikir ketika keluar rumah. Dengan demikian akan terlindung dari berbagai gangguan di luar rumah seperti sihir ataupun hipnotis. Sungguh sihir dan hipnotis itu adalah datang dari iblis dan bala tentaranya.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.945) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar