Minggu, 24 Februari 2019

SIAPAKAH SAHABAT YANG PALING BANYAK MERIWAYATKAN HADITS ?


SIAPAKAH SAHABAT YANG PALING BANYAK 
MERIWAYATKAN HADITS ?

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sahabat Rasulullah yang paling banyak meriwayatkan hadits adalah Abu Hurairah. Itulah sebabnya ketika kita berbicara hadits  sering kita ketemu kalimat ‘AN ABU HURAIRATA, dari Abu Hurairah. Nama lengkap beliau adalah Abdurrahman bin Sakhar ad Dausi al Yaman. 

Sebenarnya Abu Hurairah termasuk sahabat yang agak belakangan masuk Islam yaitu pada umur 40 tahun. Beliau tidak lama bersama  Rasulullah jika dibanding dengan sahabat yang lain   seperti Abu Bakar ataupun Umar bin Khaththab. 

Abu Hurairah masuk Islam pada tahun ke 7 Hijriah. Jadi beliau cuma sempat bersama Rasulullah hanya sekitar empat tahun karena Rasulullah wafat tahun ke 11 Hijriah. Namun demikian beliau adalah sahabat yang utama dalam periwayatan hadits dan paling banyak meriwayatkannya.

Menurut beberapa riwayat, urutan sahabat yag meriwayatkan hadits paling banyak adalah : (1) Abu Hurairah, 5.374 hadits. (2) Abdullah bin Umar, 2.630 hadits. (3) Anas bin Malik, 2.266 hadits. (4) Aisyah, 2.210 hadits. (5) Abdulllah bin Abbas, 1.660 hadits. (Lihat Ensiklopedi Islam 2/45).

Beliau tak menulis hadits tapi menyimpan dengan kuat DALAM HAFALANNYA. Beliau mengajarkan  hadits dan juga ilmu fikih kepada sahabat lainnya dan juga para tabi’in yaitu muridnya yang berjumlah sekitar 800 orang. 

Kemudian, tentang banyaknya hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, dia berkata : Sungguh kalian mengatakan bahwa aku Abu Hurairah memperbanyak hadits dari Rasulullah dan mengatakan bahwa mengapa kaum Muhajirin dan kaum Anshar tidak meriwayatkan sepertinya ?. Sungguh saudara saudaraku Muhajirin dulu disibukkan dengan urusan perdagangan di pasar dan saudaraku kaum Anshar dulu disibukkan dengan mengurus hartanya (kebun dan ternaknya, pen.)

Sedangkan aku dulu seorang yang miskin dan termasuk ahli Shuffah. Aku mendampingi Rasulullah sepenuh perutku sehingga aku hadir ketika mereka absen dan aku hafal ketika mereka lupa.    

Dan juga  yang menyadi penyebab banyaknya Abu Hurairah meriwayatkan adalah karena beliau pernah didoakan Rasulullah Salallahu ‘alaihhi Wasallam agar dikuatkan daya ingatnya.

Dalam satu hadits disebutkan sebagai berikut : 

 عن أبي هريرة قال قلت يا رسول الله إني أسمع منك حديثا كثيرا أنساه قال ابسط رداءك فبسطته قال فغرف بيديه ثم قال ضمه فضممته فما نسيت شيئا بعده حدثنا إبراهيم بن المنذر قال حدثنا ابن أبي فديكبهذا أو قال غرف بيده فيه

Dari Abu Hurairah, aku berkata, wahai Rasulullah, aku telah mendengar dari engkau banyak hadits namun aku lupa. Beliau lalu bersabda : Hamparkanlah selendangmu. Maka aku menghamparkannya, beliau lalu seolah menciduk sesuatu dengan tangannya, lalu bersabda : Ambillah (selendangmu).

Aku pun mengambilnya, maka sejak itu aku tidak pernah lupa lagi. Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Al-Mundzir berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Fudaik dengan redaksi seperti ini, atau dia berkata, Menuangkan ke dalam tangannya. (H.R Imam Bukhari).

Itulah sekilas kisah tentang Abu Hurairah, sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits, ahli ibadah dan juga ahli fikih. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.557)
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar