Jumat, 22 Februari 2019

BERDOA SETELAH TASYAHUD AKHIR SEBELUM SALAM


BERDOALAH SETELAH TASYAHUD AKHIR SEBELUM SALAM

Oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta’ala telah memberi nikmat yang sangat banyak kepada kita semua. Nikmat yang dimaksud bukan hanya berupa harta dan urusan dunia tetapi yang penting sekali adalah nikmat iman, islam dan ilmu agar bisa menjalani hidup ini dengan baik di dunia dan selamat di akhirat. 

Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala menyuruh kita meminta lagi tambahan nikmat yaitu dengan memohon kepada-Nya melalui doa. Allah berfirman : 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ

Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. (Q.S al Mu’min 60). 
Dengan kasih sayang-Nya, Allah beri pula waktu waktu yang sangat baik untuk berdoa kepada-Nya. Satu diantaranya adalah PADA TASYAHUD AKHIR SEBELUM SALAM ketika  shalat wajib maupun shalat sunnah. 

Sungguh Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya telah mengajarkan doa memohon perlindungan dari empat hal. Dan doa ini senantiasa dibaca Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam sebagaimana sabda beliau berikut ini : 

وعن أَبي هريرة – رضي الله عنه – : أنَّ رسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – ، قَالَ : إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللهِ مِنْ أرْبَعٍ ، يقول : اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيحِ الدَّجَّالِ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Apabila salah seorang di antara kalian bertasyahud, hendaklah ia meminta perlindungan kepada Allah dari empat perkara dengan mengucapkan, ALLAHUMMA INNI A’UDZU BIKA MIN ‘ADZAABI JAHANNAM, WA MIN ‘ADZABIL QABRI, WA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT, WA MIN SYARRI FITNATIL MASIIHID DAJJAAL’ (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah al Masih ad Dajjal). (H.R Imam Muslim)

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

وكان يدعو به فيي تشهده

Rasulullah berdoa dengan doa ini dalam tasyahud (akhir) beliau. (H.R Imam Ahmad dan Abu Daud).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasalam bersabda :

وكنان يعلمه الصحابه كما يعلمهم السورة من القران

Dan beliau juga mengajarkan para sahabat doa tersebut sebagaimana beliau mengajarkan mereka surat dari al Qur an. (H.R Imam Muslim dan Abu ‘Awanah).

Ketahuilah bahwa begitu pentingnya untuk membaca doa ini maka Rasulullah mengajarkannya kepada sahabat dengan sungguh sungguh sebagaimana mengajarkan al Qur an. Oleh karena itu seorang hamba sangat sangat dianjurkan membacanya setelah tasyahud akhir sebelum salam.

Setelah membaca doa berlindung dari empat hal diatas maka SEBELUM SALAM sangat dianjurkan pula membaca doa doa yang lainnya yaitu yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam, diantaranya :

(1) Doa memohon ampun dari berbuat zhalim terhadap diri.

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الغَفُورُ الرَّحِيمُ

Ya Allah, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku sendiri dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau, oleh karena itu ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu dan sayangilah aku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun Maha Penyayang. (H.R Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari Abu Bakar ash Shiddiq) 

(2) Doa memohon hisab yang mudah di akhirat.

اللَّهُمَّ حَاسِبْنِي حِسَابًا يَسِيرًا

Ya Allah, hisablah diriku dengan hisab yang ringan. (H.R Imam Ahmad dan al Hakim, dari Aisyah) 

(3) Doa memohon surga dan dijauhkan dari neraka

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon surga kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari api neraka. (H.R Ibnu Majah, dari Abu Hurairah)

(4) Doa memohon agar ditetapkan hati dalam iman

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ، ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Ya Allah, Rabb Yang  membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku agar selalu berpegang  kepada agama-Mu.(H.R Imam Muslim dari Anas bin Malik)

(5) Doa memohon  perlindungan dari sifat malas dan takut

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).  (H.R Imam  Bukhari dan Imam Muslim, dari Anas bin Malik) 

(6) Doa berlindung dari keburukan amal

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَمِلْتُ وَمِنْ شَرِّ مَا لَمْ أَعْمَلْ

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang aku lakukan dan dari keburukan apa yang belum aku lakukan. (H.R Imam Muslim, dari Aisyah)

(7) Doa memohon  ketakwaan, petunjuk dan sifat qana’ah

اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى

Ya Allah, aku meminta pada-Mu petunjuk, ketakwaan, diberikan sifat ‘afaf dan ghina.
Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata :
أنَّ النبيَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يقول : (( اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca doa : Allahumma inni as-alukal huda wat tuqa wal ‘afaaf wal ghina. (H.R Imam  Muslim)

Itulah sebagian diantara doa doa yang sangat baik dan  diajarkan Rasulullah untuk dibaca sesudah tasyahud akhir sebelum salam. (Lihat Kitab Sifat Shalat Nabi, Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani)

Sungguh sangatlah baik kalau kita mengamalkannya. Insya Allah ada manfaat bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.554)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar