Minggu, 24 Februari 2019

JALAN MENUJU KEBAIKAN DAN KETENANGAN HIDUP


JALAN MENUJU KEBAIKAN DAN KETENANGAN HIDUP

Oleh : Azwir B. Chaniago

Semua orang menginginkan  kebaikan, ketenangan  dan kebahagian dalam hidupnya. Bahkan orang orang beriman menginginkan kebaikan hidup bukan hanya di dunia tapi yang lebih penting lagi adalah kehidupan di akhirat.

Ada banyak jalan untuk mendapatkan   ketenangan dan kebahagian hidup di dunia dan juga di akhirat kelak. Diantaranya sebagaimana sebagaimana firman Allah berikut ini :

Pertama : Selalu memenuhi panggilan Allah dan Rasul-Nya.

Allah berfirman :

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ ۖ

Wahai orang orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan Rasul, apabila Dia menyerumu kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepadamu. (Q.S al Anfaal 24).
Ayat ini menunjukkan : Bahwa kehidupan yang bermanfaat hanya didapat dengan memenuhi seruan Allah dan Rasul-Nya. Maka barang siapa yang tidak memenuhi seruan itu maka tidak akan mendapat kehidupan yang bahagia dan indah. (Imam Ibnul Qayyim, Kitab al Fawa’id).

Syaikh as Sa’di berkata : Allah Ta’ala memerintahkan HAMBA HAMBA-Nya yang beriman dengan apa yang menjadi konsekwensi keimanan mereka yaitu MEMENUHI SERUAN ALLAH DAN RASUL-NYA, yakni tunduk kepada perintah Allah dan Rasu-Nya. Menyeru manusia kepada-Nya. Menjauhi sesuatu yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya, menahan diri dan mencegah darinya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

Kedua : Beriman dan beramal shalih. 

Allah Ta’ala berfirman :

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang beramal saleh, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Imam Ibnu Katsir berkata : Inilah janji dari Allah Ta’ala bagi orang yang mengerjakan amal shalih, yaitu amal yang mengikuti al Qur an dan as Sunnah, baik laki laki maupun wanita yang hatinya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Amal yang diperintahkan itu telah disyariatkan dari sisi Allah, yaitu Dia akan memberinya kehidupan yang baik di dunia di dunia dan memberikan balasan di akhirat kelak dengan balasan yang lebih baik dari pada apa yang telah dikerjakannya. (Tafsir Ibnu Katsir).

Sungguh Allah Ta’ala juga meningatkan bahwa IMAN DAN AMAL SHALIH adalah modal untuk meraih surga yaitu kehidupan paling baik yang sangat sangat didambakan oleh orang orang beriman. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Buruj 10).

Itulah jalan untuk mendapatkan ketenangan dan kebaikan dalam kehidupan di dunia dan diakhirat yaitu SELALU MEMENUHI PANGGILAN ALLAH DAN RASULNYA SERTA MENJAGA IMAN DAN AMAL SHALIH. Bersegeralah dan istiqamahlah dalam mengamalkannya.
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.556)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar