Kamis, 17 Maret 2016

SIAPA RASUL PERTAMA DAN SIAPA RASUL TERAKHIR



SIAPA RASUL PERTAMA DAN SIAPA RASUL TERAKHIR

Oleh : Azwir B. Chaniago

Kehadiran manusia di bumi adalah untuk sementara. Kemudian mereka akan   kembali lagi ke negeri asalnya yaitu surga milik Allah Ta’ala. Untuk bisa hidup selamat di dunia dan bisa kembali dengan selamat pula  ke surga maka manusia diberi bimbingan oleh Allah Ta’ala melalui para Nabi dan Rasul yang diutus-Nya. Para Nabi dan Rasul itu jumlahnya sangatlah banyak sesuai dengan waktu dan tempat yang Allah Ta’ala kehendaki.   

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh at Tirmidzi, jumlah Nabi adalah  124.000 orang, sedangkan jumlah Rasul ada 312 orang. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam   ketika ditanya tentang jumlah para nabi, beliau bersabda : “(Jumlah para nabi itu) adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) nabi.” “Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka ?” Beliau menjawab, “Tiga ratus dua belas (312)”
 
Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : Rasul rasul Allah adalah orang orang yang telah diberi wahyu oleh Allah Ta’ala dengan berbagai syari’at dan (Allah) memerintahkan mereka untuk menyampaikannya kepada manusia.

Ketahuilah bahwa Rasul pertama adalah Nuh ‘alaihis salam yaitu sebagaimana yang Allah Ta’ala firmankan : “Inna auhainaa ilaika kamaa auhainaa ilaa nuuhin wan nabiyin min ba’dihi” Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan Nabi nabi setelahnya. (Q.S an Nisaa’ 163)

Dalil as Sunnah adalah sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits yang cukup panjang yaitu tentang meminta syafa’at,  bahwa manusia kelak di padang Mahsyar  akan berkata kepada Nuh : “Engkau adalah rasul pertama yang diutus oleh Allah di muka bumi” (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Kemudian di dalam al Qur-an dijelaskan pula tentang siapa Rasul terakhir yaitu Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi Wasallam. Allah berfirman : “Maa kaana muhammadun abaa ahadin min rijalikum wa laakin rasuulullahi wa khaataman nabiyin, wa kaanallahu bi kulli syai-in ‘aliim”. Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang diantara kamu tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para Nabi. Dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu (Q.S al Ahzaab 33).

Jadi berdasarkan dalil yang shahih maka Rasul pertama adalah Nuh 'alaihissalam dan Rasul terakhir adalah Nabi kita Muhammad Salallahu alai wasallam. 

Demikianlah penjelasan yang shahih dan disandarkan kepada al Qur an dan as Sunnah tentang siapa Rasul pertama dan siapa pula Rasul terakhir yang telah diutus oleh Allah Ta’ala sebagai pembimbing bagi manusia.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (605)  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar