Sabtu, 19 Maret 2016

FONDASI AGAMA YANG DIAJARKAN PARA NABI



FONDASI AGAMA YANG DIAJARKAN PARA NABI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Untuk membimbing manusia kepada kebaikan, maka Allah Ta’ala telah mengutus Nabi dan Rasul dalam jumlah yang banyak sebagaimana yang dikehendaki-Nya. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh at Tirmidzi, jumlah Nabi adalah  124.000 orang, sedangkan jumlah Rasul ada 312 orang. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam   ketika ditanya tentang jumlah para nabi, beliau bersabda : “(Jumlah para nabi itu) adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) nabi.” “Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka ?” Beliau menjawab, “Tiga ratus dua belas (312)”
 
Dari penjelasan al Qur an dan as Sunnah, kita mengenal nama nama 25 Nabi. Mulai dari Nabi Adam alaihis salam dan yang terakhir Nabi Muhammad Salalllahu ‘alaihi Wasallam. Lalu dari 25 Nabi itu, lima diantaranya disebut Rasul atau ‘ulul azmi yaitu Nuh ‘alaihis salam , Ibrahim ‘alaihis salam, Musa ‘alaihis salam , Isa ‘alahis salam dan Muhammad Salallahu ‘alahi wasallam.

Ketahuilah bahwa semua Nabi dan Rasul berdakwah atas dasar fondasi yang sama yakni : (1) Tauhidullah atau mengesakan Allah Ta’ala. (2) Menjelaskan jalan yang menyampaikan kepada-Nya. (3) Menjelaskan balasan bagi orang orang yang mengikutinya. Inilah fondasi atau landasan utama setiap ajaran Nabi. (Lihat Kitab Fiqih Asma’ul Husna, Syaikh Abdurraazzaq bin Muhsin al Badr).

Tentang (fondasi) dakwah para Nabi dan Rasul, dijelaskan pula  oleh Imam Ibnul Qayyim yaitu berada pada tiga hal :

Pertama : Memperkenalkan Allah kepada manusia lewat nama dan sifat serta perbuatan-Nya.
Kedua : Menjelaskan jalan yang yang bisa menyampaikan kepada-Nya yaitu berdzikir, bersyukur serta beribadah kepada-Nya. Ini mencakup kesempurnaan cinta dan ketundukan kepada-Nya.
Ketiga : Menerangkan balasan bagi mereka di surga dan kenikmatan di dalamnya dan yang paling mulia dan utama adalah ridha-Nya serta melihat kepada wajah-Nya yang Mahamulia dan ucapan salam serta berdialog dengan-Nya.

Itulah fondasi agama yang telah diajarkan dan didakwahkan oleh para Nabi. Tiga landasan ini wajib untuk kita jadikan pegangan utama dalam beragama untuk keselamatan di dunia dan diakhirat.
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam.  (607)
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar