Selasa, 22 Maret 2016

CUKUPLAH ALLAH SEBAGAI PENOLONG DAN PELINDUNG



CUKUPLAH ALLAH SEBAGAI PENOLONG DAN PELINDUNG

Oleh : Azwir B. Chaniago

Kalimat Hasbunallahu wa Ni’mal Wakiil bermakna : Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik baik Pelindung”, mengandung hikmah serta  keutamaan   yang sangat agung untuk diucapkan oleh orang orang yang beriman ketika menghadapi musuh atau atau ketika dihadapkan kepada kesulitan yang besar.

Dua diantara Rasul yang mulia,  dua Khalilullah yaitu kekasih Allah yang paling dekat dengan-Nya pernah mengucapkan kalimat ini ketika mendapat kesulitan.

Pertama : Nabi Ibrahim ‘alahis salam. Beliau mengucapkan kalimat ini pada saat akan dilemparkan oleh kaumnya kedalam api yang menyala nyala karena beliau menentang perbuatan mereka melakukan kesyirikan dengan menyembah patung.

Lalu seketika itu juga datang pertolongan Allah Ta’ala. Api yang secara asal adalah panas dan membakar ternyata menjadi dingin sehingga Nabi Ibrahim selamat. Allah Ta’ala berfirman : “Qulnaa yaa naaru kuunii bardan  wa salaman ‘ala ibraahiim”. Kami (Allah) berfirman : Wahai api !. Jadilah kamu dingin dan penyelamat bagi Ibrahim. (Q.S al Anbiya’ 69). 

Kedua : Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi Wasallam. Rasulullah mengucapkan kalimat ini pada saat datang kabar bahwa pasukan musuh telah berkumpul untuk menyerang beliau. 

Tentang hal ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari,  dari Ibnu Abbas dia berkata : “Cukuplah Allah bagi kami dan Allah adalah sebaik baik Pelindung” Nabi Ibrahim ‘alaihis salam membacanya ketika beliau dilemparkan ke dalam api dan Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi Wasallam membacanya ketika kaumnya berkata kepada beliau : “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang engkau, karena itu takutlah kepada mereka, tetapi perkataan itu malah menambah keimanan mereka  dan mereka berkata : Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik baik Pelindung” (Q.S Ali Imran 173). 

Imam Ibnul Qayyim berkata : “Cukuplah Allah sebagai pelindung orang orang yang bertawakal kepada-Nya dan Pelindung orang yang berlindung kepada-Nya. Dialah yang mengamankan rasa takut orang yang takut dan Pengayom orang yang bernaung. Maka barangsiapa menjadikan-Nya sebagai pelindung, meminta tolong kepada-Nya dan bertawakal kepada-Nya serta memurnikan segalanya kepada-Nya, niscaya Allah akan menolongnya, melindungi, memelihara dan menjaganya. Barangsiapa takut dan kertakwa kepada-Nya niscaya Dia mengamankannya dari apa yang ia takutkan dan ia khawatirkan serta Dia akan mendatangkan manfaat yang dibutuhkannya”. 

Jadi membaca kalimat : Hasbunallahu wa Ni’mal Wakiil adalah pelajaran yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dan Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi Wasallam.  Oleh karena itu sangatlah dianjurkan jika kita juga melazimkan untuk membaca kalimat ini di saat saat menghadapi kesulitan besar dalam kehidupan.  Ini adalah kalimat pernyataan seorang hamba untuk hanya bertawakal dan berserah diri kepada Allah Ta’ala.

Sungguh Allah Ta’ala telah berfirman : “Wa ‘alallahi fa tawakkaluu inkuntum mu’miniin”. Dan bertawakallah kamu hanya kepada Allah, jika kamu orang yang beriman. (Q.S al Maidah 23).

Allah Ta’ala berfirman : “Huwa maulaakum fa ni’mal maulaa wa ni’man nashiir”. Dialah Pelindungmu. Dia sebaik baik pelindung dan sebaik baik penolong. (Q.S al Hajj 78).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (609).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar