Minggu, 12 Oktober 2014

TIGA MACAM MIMPI



TIGA MACAM MIMPI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap orang pastilah pernah mengalami mimpi dalam tidurnya. Ketahuilah saudaraku bahwa mimpi itu ada tiga macam. Ada mimpi yang benar dan baik yaitu dari Allah. Adapula mimpi yang tidak baik yakni dari syaithan dan ada pula yang dari angan angan diri seseorang.

Rasulullah bersabda : “… Mimpi seseorang muslim ialah satu bagian dari empat puluh lima bagian kenabian. Mimpi itu ada tiga macam, mimpi yang baik ialah berita gembira dari Allah, mimpi yang menyedihkan ialah dari syaithan dan mimpi dari bisikan angan angan diri sendiri. Apabila seseorang bermimpi yang tidak disukai maka hendaklah ia bangkit lalu mendirikan shalat dan jangan diceritakan kepada orang lain.” (H.R Imam Muslim)

Seorang hamba  tentulah tidak menginginkan mimpi yang buruk dan berharap mimpi yang baik. Insya Allah untuk mendapatkan mimpi yang baik dan menghindari mimpi  buruk yang berasal dari syaithan atau dari angan angan sendiri adalah dengan melakukan adab adab tidur.

Diantara adab tidur adalah  berwudhu’ sebelum tidur, berbaring pada lambung kanan. Rasulullah bersabda : “Idza akhadzta madhja’aka fatawadhdha’ wudhuu-aka lishshalaati, tsumma adhthaji’ syiqqiqal aiman”. Apabila engkau hendak tidur dipembaringan maka berwudhu’lah sebagaimana kamu berwudhu’ untuk shalat setelah itu berbaringlah dengan miring ke kanan. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Diantara adab tidur yang lainnya adalah membaca doa  “Bismika allahumma  amuutu wa ahyaa”  Juga membaca beberapa ayat atau surat dari al Qur an seperti ayat Kursi (Q.S al Baqarah 255). Dua ayat terakhir surat al Baqarah, Membaca surat al Falaq dan an Naas. Juga surat lain dari al Qur an dan dzikir yang diajarkan Rasulullah. Semuanya bisa dilihat dan dipelajari dari kitab kitab tentang adab tidur.
Allahu a’lam. (088)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar