Sabtu, 04 Oktober 2014

MENGUSIR RASA TAKUT



MENGUSIR RASA TAKUT
 
Oleh : Azwir B. Chaniago

Banyak kita dapati manusia yang  diliputi rasa takut. Ada yang takut atau merasa ngeri bila melewati tempat tertentu yang dianggapnya angker. Takut jika berada di rumah yang dikatakan ada penunggunya seperti jin dan syaithan atau melihat bayangan tertentu.
Ada pula yang takut mendengar bunyi bunyian tertentu pada waktu tertentu. Bisa juga ada yang takut bila di dukuni, disihir, diguna guna, dihipnotis dan yang semacamnya. Bahkan ada pula yang merasa takut yang tidak beralasan dan tidak jelas kenapa takut.

Ketahuilah wahai saudaraku bahwa Islam telah mengajarkan kita untuk mengatasi atau mengusir rasa takut dari hal yang tersebut tadi dan yang semisal. Diantaranya adalah :

Pertama :  Dengan membaca ta’awudz, yaitu A’udzubillahi minasy syaithan nirrajiim. Atau a’udzubillahi minka.

Kedua : Senantiasa berdzikir dengan dzikir dzikir muqayyad yaitu dzikir yang telah ditentukan lafadznya, tempat dan jumlahnya. Diantaranya adalah dzikir  petang hari yang waktunya adalah sehabis shalat ‘asyar sebelum matahari terbenam. Dalam bagian dari dzikir ini Rasulullah mengajarkan kita untuk membaca sebanyak tiga kali yaitu : “A’udzubi kalimaatillahit taamaati min syarri maa khalaq” Aku  berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan sesuatu yang diciptakan-Nya. (H.R Imam Ahmad, an Nasa’i, lihat Shahih at Targhib wa Tarhib).

Juga biasakan diri untuk membaca dzikir dzikir mutlak yaitu berupa kalimat kalimat taiyibah seperti Subhanallah wa bihamdihi, Astaghfirullah wa atuubu ilaihi dan yang lainnya,  setiap saat  yang tempat, waktu dan jumlahnya tidak ditentukan.

Ketiga : Senantiasa menyibukkan diri dengan  membaca al Qur an surat dan ayat  manapun. Dan memang ada ayat atau surat tertentu yang di utamakan terutama terutama untuk menjaga diri gangguan jin, syaithan dan yang sejenisnya. Diantaranya adalah surat al Baqarah, bagian dari surat al Baqarah yaitu ayat Kursi al Baqarah 255, dua ayat terakhir dari surat al Baqarah serta dua surat terakhir dari al Qur an.

Dan ketahuilah bahwa sebenarnya rasa takut kita tidaklah kepada makhluk tetapi TAKUTLAH KEPADA ALLAH SAJA yaitu dengan senantiasa melakukan apa yang diperintahkanNya dan berhenti dari apa  apa yang dilarang-Nya. 
     
Insya Allah bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar