Kamis, 09 Oktober 2014

MAKNA PENOLONG ALLAH



MAKNA PENOLONG ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Allah berfirman : “Yaa aiyuhalladzi na aamanu kuunuu anshaarallah” Wahai orang orang yang beriman jadilah kamu penolong Allah. (Q.S ash Shaf 14). Apa makna penolong Allah ? Apakah Allah butuh pertolongan hambanya. Bukankah Allah Mahakuasa.

Diantara makna penolong Allah adalah beriman kepadaNya, mengikuti RasulNya dan menjadi penolong  agama yang diturunkanNya yaitu Islam.

Syaikh as Sa’di antara lain menjelaskan bahwa jadilah kamu penolong bagi agama Allah yaitu dengan perkataan dan perbuatan dengan gigih menegakkan agama Allah. Termasuk menolong agama Allah adalah mempelajari kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya serta mengajarkannya, mendorong orang lain untuk mempelajarinya serta mengajarkannya serta menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Seorang hamba haruslah berusaha menolong agama Allah sesuai dengan kemampuannya. Lihatlah beberapa contoh  yang telah dilakukan para sahabat dalam menolong agama Allah :

Pertama : Ibnu Abbas dan Abu Hurairah menjadi penolong  agama Allah dengan ilmunya. Ibnu Abbas sebagai ahli Tasir dan Abu Hurairah sebagai penghafal dan paling banyak meriwayatkan hadits.

Kedua : Abu Bakar, Usman bin Affan dan Abdurrahman bin ‘Auf, menjadi penolong agama Allah dengan hartanya yang diinfakkan dijalan Allah dalam jumlah yang tidak sedikit.

Ketiga : Khalid bin Walid menjadi penolong agama Allah dengan kehebatan strategi perangnya.  Berkali kali ditunjuk oleh Khalifah  menjadi  panglima perang untuk memenangkan dan membela Islam.

Keempat : Ada sahabat yang menjadi penolong agama Allah dengan keahliannya sebagai tukang kayu lalu menawarkan untuk membuat mimbar di Masjid Nabawi bagi Nabi.

Kelima : Bahkan ada seorang wanita yang tidak punya keahlian apa apa tapi menjadi penolong agama Allah dengan menyapu dan membersihkan masjid Nabawi. Subhanallah.

Sebagai orang yang beriman, mari kita berusaha menjadi penolong agama Allah sesuai dengan kemampuan kita. Semoga Allah ridha kepada kita semua. 
Wallahu A’lam. (082)

2 komentar:

  1. Lebih 124.000 sahabat bertebaran diatas muka bumi hanya sekitar 12.000 kuburan mereka yg ada di tanah hijaz.
    Mereka sanggup meninggalkan harta dan keluarga utk menyebarkan agama, apabila Allah dan Rasul disayangi lebih dari segalanya.

    BalasHapus
  2. Lebih 124.000 sahabat bertebaran diatas muka bumi hanya sekitar 12.000 kuburan mereka yg ada di tanah hijaz.
    Mereka sanggup meninggalkan harta dan keluarga utk menyebarkan agama, apabila Allah dan Rasul disayangi lebih dari segalanya.

    BalasHapus