Rabu, 01 Oktober 2014

BISIKAN YANG LEBIH BERBAHAYA



BISIKAN SIAPA YANG LEBIH BERBAHAYA
 
Oleh : Azwir B. Chaniago

Allah berfirman : “Alladzii yuwaswisufii shuduurinnas. Minal jinnati wan naas.” Yang membisikkan (kejahatan) kedalam dada manusia. Dari golongan jin dan manusia. (Q.S an Naas 5-6). Jadi pembisik kejahatan itu ada dua yaitu dari golongan jin dan ada pula yang dari golongan manusia.

Lalu ada yang bertanya mana diantara keduanya yang  lebih berbahaya dan lebih sulit untuk diatasi. Dalam hal ini ada beberapa pendapat, diantaranya :

Pertama : Ada yang mengatakan bahwa bisikan jahat dari golongan jin lebih berbahaya, karena bisikan jahat dari golongan manusia bisa ditolak dengan beberapa  cara. Misalnya jika anda berkata baik, memberi hadiah, atau mengalah atas hak anda kepadanya maka dia tidak akan terus menerus mengganggu anda. 
Adapun syaithan bangsa jin tidak pernah ridha kepada manusia sebelum menjadi kafir seperti mereka.

Bisikan jahat dari golongan manusia ada masa istirahatnya, tidak bisa terus menerus apalagi ada saat dia tidur. Bisikan jahat dari golongan jin bisa terjadi terus menerus. Ketahuilah bahwa jin itu tidak tidur.
Imam Hasan al Bashri berkata : Kalau jin itu tidur tentu kita bisa beristirahat (dari gangguannya) agak sejenak.

Kedua : Ada yang mengatakan bahwa bisikan jahat dari bangsa manusia lebih berbahaya. Ketahuilah bahwa syaithan bangsa jin lebih mudah mengusirnya. Diantaranya dengan membaca ta’awuz, ayat kursi  atau ayat ayat yang lain dari al Qur an. Sedangkan syaithan bangsa manusia tidak  takut dengan bacaan bacaan al Qur an.

Kesimpulannya adalah bahwa  bisiskan jahat dari kedua duanya berbahaya. Tinggal sekarang bagaimana kita menjaga diri dan  menggunakan cara yang sesuai untuk mengusir kedua pembisik yang buruk ini agar tidak mendatangkan mudharat bagi diri kita.
Allahu a’lam. (073)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar