Senin, 20 Oktober 2014

KEDERMAWANAN KELAS TINGGI



KEDERMAWANAN KELAS TINGGI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Syaikh Abdul Aziz bin Baz (wafat tahun 1999 M), Ulama besar Saudi, bekas Mufti Umum Kerajaan Saudi Arabia, pada suatu kali memberi cek senilai 2.000 rial kepada seorang miskin untuk membantu kesulitannya membayar hutang.  Sebelum cek diuangkan, orang miskin ini memalsukan cek tersebut dengan merubah nilai cek yaitu menambah satu angka nol sehingga jadilah cek itu bernilai sebesar 20.000 rial. 

Waktu cek ini diuangkan ternyata  Bank dapat mendeteksi  bahwa nominal cek telah dirubah. Pihak Bank lalu memberi tahu Syaikh lewat telepon bahwa cek yang baru beliau buka yaitu nomor sekian sekian telah dipalsukan nominalnya. Syaikh minta agar orang itu dihadapkan kepada beliau.

Setelah bertemu orang ini maka  Syaikh menanyakan   berbagai hal kenapa orang ini memalsukan cek yang telah diberi oleh Syaikh. Lalu orang ini menjelaskan semua hal tentang keadaan dirinya serta kebutuhannya.

Setelah mendengar penjelasan orang ini, apakah Syaikh bin Baz marah  atau berlaku kasar terhadap si pemalsu cek ini. Atau membatalkan pemberiannya. Ternyata tidak. Sungguh mengagumkan apa yang beliau lakukan. Beliau minta kepada sekretaris pribadi beliau : Tulislah cek yang baru untuk  orang  ini sebesar 20.000 rial. Beliau melanjutkan perkataannya : nampaknya orang (miskin) ini membutuhkan sejumlah 20.000  rial itu.

Itulah kedermawan kelas tinggi. Lalu bagaimana dengan kedermawanan kita. Dan bagaimana pula sikap kita jika hal ini juga terjadi pada diri kita.

(Dinukil dari Kitab Akhlak Syaikh bin Baz, oleh Abdul Aziz bin Muhammad as  Sadhan) 

Wallahu A'lam  (097)        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar