Kamis, 23 Oktober 2014

MATI DAN HIDUP DUA KALI



MAKNA MATI DAN HIDUP DUA KALI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Manusia dimatikan Allah dua kali. Dihidupkan dua kali.   Allah berfirman : “Qaluu rabbanaa amatanats nataini wa ahyaitanats nataini fa’tarafnaa bi dzunuu binaa fahal ilaa khurujin min sabiil” Mereka berkata : Ya Rabb kami, Engkau telah mematikan kami dua kali dan menghidupkan kami dua kali (pula), lalu kami mengakui dosa dosa kami. Maka adakah jalan (bagi kami) untuk keluar (dari neraka). Q.S al Mu’min 11.

Lalu apakah  makna mati dua kali dan hidup dua kali. Ibnu Abbas, ahli tafsir nomor satu berkata : Dulu sebelum Allah menciptakan kamu, kamu adalah tanah dan inilah kematian (mati pertama). Kemudian Dia menghidupkan kamu sehingga terciptalah kamu dan inilah kehidupan (hidup pertama.) Setelah itu dia mematikan kamu kembali, sehingga kamu kembali ke alam kubur dan itulah kematian yang kedua. Dan Allah akan membangkitkan kamu pada hari Kiamat kelak. Dan itulah kehidupan kedua (Lihat Tafsir Ibnu Katsir) 

Sekarang ini kita tengah menjalani  hidup yang pertama di dunia. Tujuannya adalah   untuk berbekal agar bisa menjadi orang yang beruntung pada saat menjalani kehidupan yang kedua nanti di negeri akhirat yang abadi. Mari kita manfaatkan kehidupan yang pertama ini dengan memperbanyak ibadah, memperkuat iman dan takwa. Jangan sia siakan sisa umur kita yang tinggal sedikit ini.

Ya Allah berilah kami keselamatan  di dunia dan keselamatan  di akhirat kelak. (102) 
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar