Selasa, 07 Oktober 2014

MANFAAT SEDEKAH UNTUK SIAPA



MANFAAT SEDEKAH UNTUK SIAPA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Syari’at Islam sangat menganjurkan umatnya untuk saling tolong menolong. Diantaranya adalah dengan memberi sedekah kepada orang orang miskin, dhu’afa dan orang orang yang membutuhkan. Sedekah yang diberikan kepada orang orang miskin dan kaum dhuafa pada saat mereka butuhkan tentulah sangat bermanfaat bagi mereka.  Akan meringankan beban dan kesulitannya.

Diantara orang orang yang bersedekah merasa dia telah berbuat baik yang banyak kepada orang orang yang diberinya sedekah. Perasaan ini adalah benar, karena dia telah mengeluarkan sebagian hartanya untuk meringankan kesulitan orang lain yang membutuhkan.

Tapi janganlah pernah lupa bahwa sebenarnya manfaat terbesar dari sedekah adalah untuk diri pemberi sedekah. Manfaat yang diperoleh oleh pemberi sedekah jauh melebihi manfaat yang diperoleh sipenerima. Diantaranya adalah akan menghapus dosa dan kesalahan.
 
Rasulullah bersabda : “Ashshadaqatu tuthfi-u khathiiata kamaa yuthfi-u maa-un naara”. Sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api.” (H.R Imam at Tirmidzi).

Imam Fudhail bin Iyadh berkata : Mereka (orang orang miskin yang kita beri sedekah) membawa perbekalan perbekalan kita menuju akhirat tanpa upah sedikitpun hingga mereka meletakkannya diatas timbangan (amal kita) di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Oleh karena itu perbanyaklah bersedekah dengan ikhlas dan mencari ridha Allah saja. Insya Allah manfaat yang akan diperoleh orang yang bersedekah  jauh lebih besar dari orang yang menerima sedekah. Fastabiqul khairat.

Allahu a’lam. (081)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar