Sabtu, 28 Januari 2023

SEMUA MAKHLUK BERTASBIH DAN BERSUJUD KEPADA ALLAH

 

SEMUA MAKHLUK BERTASBIH DAN BERSUJUD KEPADA ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh,  perintah Allah Ta'ala kepada orang orang beriman untuk beribadah kepada-Nya. Diantaranya adalah termasuk bertasbih dan bersujud kepadanya terutama dalam shalat. Tetapi ketahuilah bahwa BUKAN HANYA ORANG ORANG BERIMAN YANG BERIBADAH KEPADA ALLAH TA'ALA.

Allah Ta'ala menjelaskan bahwa semua makhluk dan berupa benda mati juga beribadah kepada-Nya yaitu dengan  bertasbih bahkan bersujud kepada Allah Ta'ala :

Pertama : Bertasbih kepada Allah Ta'ala.

Banyak sekali ayat al Qur an yang menjelaskan hal ini, diantaranya adalah :

(1) Surat al Isra' ayat 44. Allah Ta'ala berfirman :

تُسَبِّحُ لَهُ ٱلسَّمَٰوَٰتُ ٱلسَّبْعُ وَٱلْأَرْضُ وَمَن فِيهِنَّ ۚ وَإِن مِّن شَىْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِۦ وَلَٰكِن لَّا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ ۗ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih memuji-Nya. Tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.

(2) Surat an Nur ayat 41. Allah Ta'ala berfirman :

أَلَمْ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُۥ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱلطَّيْرُ صَٰٓفَّٰتٍ ۖ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُۥ وَتَسْبِيحَهُۥ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌۢ بِمَا يَفْعَلُونَ

Tidakkah engkau tahu bahwa kepada Allah-lah bertasbih apa yang ada di langut dan di bumi dan juga burung yang mengembangkan sayapnya. Masing masing sungguh telah mengetahui (cara) berdoa dan bertasbih. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

Imam Ibnu Katsir berkata : Bahwa segala sesuatu yang berada di langit dan di bumi seperti malaikat, manusia, jin, hewan hingga benda mati semuanya bertasbih kepada Allah Ta'ala. (Tafsir Ibnu Katsir).

(3) Surat ash Shaff ayat 1. Allah Ta'ala berfirman :

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi bertasbih kepada Allah dan Dia-lah yang Mahaperkasa, Maha bijaksana.

Syaikh as Sa'di berkata : (Ayat) ini adalah penjelasan tentang keagungan dan keperkasaan Allah Ta'ala, segala sesuatu TUNDUK KEPADA-NYA. Seluruh yang ada di langit dan di bumi bertasbih dengan memuji, menyembah dan meminta segala kebutuhan kepada Rabb mereka. (Tafsir Taisir Karimir Rahman). 

Kedua : Bersujud kepada Allah Ta'ala.

Diantaranya dijelaskan Allah Ta'ala dalam firman-Nya :

(1) Surat an Nahl ayat 49. Allah Ta'ala berfirman :

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ مِن دَآبَّةٍ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

Dan segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi hanya BERSUJUD KEPADA ALLAH yaitu semua makhluk begerak (bernyawa) dan (juga) para malaikat dan mereka tidak menyombongkan diri.

(2) Surat al Hajj ayat 18. Allah Ta'ala berfirman :

Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi BERSUJUD KEPADA ALLAH. Juga matahari, bulan, bintang, gunun gunung, pohon pohon, hewan hewan yang melata dan DAN KEBANYAKAN DARI MANUSIA ?. Tetapi banyak (manusia) YANG PANTAS MENDAPAT ADZAB.

Tentang ayat ini, Syaikh as Sa'di berkata : Di tengah tengah ayat ini, Allah Ta'ala menyisipkan penjelasan mengenai sujudnya semua makhluk kepada-Nya. Seluruh makhluk yang berada di langit dan di bumi, matahari, bulan, bintang bintang, gunung gunung, pepohonan, bangsa hewan yang mencakup seluruh binatang. DAN KEBANYAKAN DARI KALANGAN MANUSIA.

Mereka adalah orang orang beriman. "Dan banyak dari manusia yang telah ditetapkan adzab atasnya". Maksudnya, pasti telah ditetapkan (adzab) lantaran kekufurannya dan tidak beriman. Allah tidak melimpahkan taufik baginya untuk menjadi orang beriman. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

Nah, ketika makhluk Allah yang ada di langit dan di bumi, yang besar dan yang kecil semua bertasbih bahkan bersujud kepada Allah Ta'ala  maka orang orang beriman haruslah semakin bersemangat untuk beribadah kepada Allah Ta'ala dibanding makhluk yang selainnya.

Bahkan  ketika orang beriman beribadah atau melakukan amal shalih, Allah Ta'ala akan memberi balasan yaitu kehidupan yang baik baginya di dunia dan di ahirat sebagaimana firman-Nya :

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang beramal saleh, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Insya Allah ada mafaatnya bagi kita semua. Wallahu A'lam. (2.893)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar