Selasa, 03 Januari 2023

BACAAN AL QUR AN MENDATANGKAN CAHAYA

 

BACAAN AL QUR AN   MENDATANGKAN CAHAYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Membaca al Qur an adalah termasuk salah satu kebiasaan dan terus menerus diamalkan  oleh orang orang beriman. Sungguh ini adalah amalan yang bermanfaat, sangat dianjurkan dan mendatangkan banyak kebaikan. Seorang hamba  yang selalu membaca al Qur an adalah seperti perniagaan yang tidak merugi. Allah Ta'ala berfirman :

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَٰرَةً لَّن تَبُورَ

Sesungguhnya orang orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam diam dan terang terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.   (Q.S Fathir 29).

Syaikh Abdurrahman as Sa’di mengatakan bahwa membaca kitab Allah maksudnya adalah mengkaji perintah perintahnya dan mengamalkannya, dan terhadap larangan larangannya  mereka meninggalkannya. Juga terhadap yang dikabarkannya lalu mereka membenarkan dan meyakininya. Mereka tidak mengutamakan apa apa yang bertentangan dengannya dari pendapat manusia. Dan merekapun membaca lafaz lafaznya dengan mempelajarinya, membaca makna maknanya dengan menghayati dan menyimpulkannya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Sungguh al Qur an adalah CAHAYA yang dengannya Allah memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya yaitu sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya : 

وَلَٰكِن جَعَلْنَٰهُ نُورًا نَّهْدِى بِهِۦ مَن نَّشَآءُ مِنْ عِبَادِنَا ۚ

Tetapi Kami jadikan AL QUR AN ITU CAHAYA, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki di antara hamba hamba Kami. (Q.S asy Syura 52)

Selain itu ketahuilah bahwa dalam beberapa hadits disebutkan tentang  keutamaan membaca al Qur an diantaranya adalah  MENDATANGKAN CAHAYA BAGI YANG MEMBACANYA.

(1) Menjadi cahaya di bumi dan simpanan di langit. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

عَلَيكَ بِتِلَاوَةِ القُرآنِ فإنَّهُ نُورٌلَكَ في الأرضِ وَذُخرٌلَكَ في السَّمَاءِ 

Hendaklah engkau MEMBACA AL QUR AN, sesungguhnya ia adalah CAHAYA BAGIMU di bumi dan simpanan bagimu di langit. (Shahih at Targhib, hadits Hasan).

2) Membaca surat al Kahfi pada siang hari atau malam Jum at maka akan DIBERI CAHAYA BAGINYA Dari Abu Sa'id al Khudri radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau  bersabda : 

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'Atiq. (H.R ad Darimi, an Nasai dan al Hakim, dishahihkan oleh Syaikh  al Albani).

Dalam riwayat lain, dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu  disebutkan  : 

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum at. (H.R al Hakim dan al Baihaqi di shahihkan oleh Syaikh al Albani).

(3) Selain itu ketahuilah bahwa rumah rumah di bumi senantiasa terlihat oleh penduduk langit. Ada yang terlihat bercahaya dan ada pula yang gelap gulita. Jika seseorang ingin rumahnya berkelipan cahaya  jika dilihat oleh penduduk langit maka sering seringlah membaca al Qur an di rumah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : 

إنَّ البيت ليُتلى  فيه القرآن؛ فيتراءى لأهلِ السماء كما تتراءى النجومُ لأهل الأرض

Sesungguhnya rumah yang dibacakan di dalamnya al Qur an, maka rumah tersebut akan terlihat oleh para penduduk langit sebagaimana terlihatnya (gemerlap) bintang-bintang oleh penduduk bumi. (H.R Imam Ahmad).

Insya Allah ada manfaat bagi kita semua. Wallahu A'lam. (2.864)

  

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar