Rabu, 25 Januari 2023

PERMOHONAN AMPUN ANAK SHALIH MENGANGKAT DERAJAT ORANG TUANYA

 

PERMOHONAN AMPUN ANAK SHALIH MENGANGKAT DERAJAT ORANG TUANYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, Rasulullah Salallhu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan dalam sabda beliau :  

إِذَا مَاتَ ابنُ آدم انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan ANAK SHALIH  yang berdoa untuknya. (H.R Imam Muslim)

Oleh karena itu sangatlah beruntung orang tua yang memiliki anak anak yang shalih dan shalihah. Mereka akan senantiasa mendoakan kedua orang tuanya baik ketika orang tuanya masih hidup atau sudah wafat.

Salah satu doa yang DIANJURKAN DAN SANGAT BERMANFAAT untuk dilakukan oleh anak anak bagi orang tuanya adalah PERMOHONAN AMPUN ATAU ISTIGHFAR. Diantaranya adalah :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا 

 

Wahai Rabb- ku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu aku kecil.

Doa Nabi Ibrahim alaihis salam sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Ya Rabb kami, beri ampunanlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan. (hari Kiamat). Q.S Ibrahim 41.

Doa seorang anak dengan memohon ampun bagi orang tuanya adalah sangat dianjurkan dan sangat bermanfaat. Diantaranya adalah bisa mengangkat derajat orang tuanya di surga kelak. Perkara ini dijelaskan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sabda beliau :

إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِيْ الْجَنَّةِ فَيَقُوْلُ: يَا رَبِّ أَنىَّ لِيْ هَذِهِ ؟ فَيَقُوْلُ : بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ

Sungguh, Allah benar-benar mengangkat derajat seorang hamba-Nya yang shalih di surga. Maka ia pun bertanya : Wahai Rabbku, bagaimana ini bisa terjadi ?. Allah Ta'ala menjawab : Berkat istighfar anakmu bagi dirimu. (H.R Imam Ahmad).

Oleh sebab itu, hamba hamba Allah hendaklah senantiasa berdoa memohon ampun bagi kedua orang tua dan juga doa doa memohon kebaikan bagi orang tua. Sungguh ini adalah saah satu cara BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A'lam. (2.889)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar