Selasa, 17 Januari 2023

BERAMAL SHALIH HARUS DIJADIKAN KEBIASAAN AGAR TIDAK TERASA BERAT

BERAMAL SHALIH HARUS DIJADIKAN KEBIASAAN AGAR TIDAK TERASA BERAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sangatlah banyak saudara saudara kita yang ingin memperbanyak amal shalihnya sebagaimana yang disyariatkan terutama sekali yang fardhu dan juga yang sunnah. Sungguh ketika seseorang banyak beramal shalih maka amal itu akan memberatkan timbangannya di akhirat. Dengan demikian jadilah dia sebagai orang  yang beruntung. Allah Ta'ala berfirman :

وَالْوَزْنُ يَوْمَئِذٍ الْحَقُّ ۚ فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَٰئِكَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ بِمَا كَانُوا بِآيَاتِنَا يَظْلِمُونَ

Timbangan pada hari itu (menjadi ukuran) kebenaran. Maka barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan) nya, MEREKA ITULAH ORANG YANG BERUNTUNG. Dan barangsiapa ringan timbangan (kebaikan) nya maka mereka itulah orang yang telah merugikan dirinya sendiri, karena mereka mengingkari ayat ayat kami. (Q.S al A’raf 8-9).

Cuma saja masih banyak saudara kita yang ingin memperbanyak amal shalihnya tetapi sering merasa terhalang atau merasa berat untuk melakukan. Sepertinya ada saja penghalangnya. Ketahuilah bahwa untuk bisa banyak melakukan amal amal shalih  maka tahap awal HARUS SELALU BERUSAHA MEMAKSA DIRI UNTUK MELAKUKANNYA sehingga akhirnya MENJADI KEBIASAAN.

Para ulama memberi nasehat bahwa jika seseorang berusaha membiasakan dirinya dalam beramal shalih maka akhirnya MENJADI KEBIASAANNYA.

Pertama : Abdullah bin Mas'ud rahimahullah.

Beliau memberi nasehat :  Biasakanlah melakukan kebaikan, karena sesungguhnya kebaikan itu hanyalah bisa dilakukan dengan kebiasaan. (Mushannaf Abdur Razzaq).

​​Kedua : Sulaiman bin Tharkhan rahimahullah.

Beliau memberi nasehat : Sesungguhnya mata jika dibiasakan tidur, maka dia akan terbiasa, dan jika dibiasakan bangun, maka ia pun akan terbiasa. (Hilyatul Auliyaa')

Ketiga : Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin.

Beliau memberi nasehat : Ketahuilah, sesungguhnya apabila engkau membiasakan diri untuk meremehkan amal kebaikan, maka engkau pun akan terbiasa di atas itu. Tetapi jika engkau membiasakan diri untuk sungguh-sungguh, berbuat baik serta bersegera di atas kebaikan, niscaya engkau pun akan menjadi terbiasa di atas kebaikan itu. (Syarah Riyadhus Shalihin).

Memang demikianlah keadaannya. Perhatikanlah jika seseorang TERBIASA SHALAT DHUHA ATAUPUN SHALAT MALAM ATAUPUN KONTINYU MEMBACA AL QUR AN maka jika pada satu waktu terluput darinya maka dia akan benar benar merasa kehilangan SESUATU YANG SANGAT BERHARGA bagi dirinya. 

Wallahu A'lam. (2.879)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar