Kamis, 19 Januari 2023

AMALAN SUNNAH MENDATANGKAN KECINTAAN DAN PETUNJUK DARI ALLAH

 

AMALAN SUNNAH MENDATANGKAN KECINTAAN DAN PETUNJUK DARI ALLAH

Disusun oleh : Azwir Chaniago

Sungguh, orang orang beriman sangat mendambakan kecintaan Allah Ta'ala kepada dirinya. Ketahuilah bahwa sebenarnya ada banyak jalan dalam syariat Islam untuk mendapatkan KECINTAAN ALLAH TA'ALA. Diantaranya adalah sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam : 

إِنَّ اللَّهَ قَالَ مَنْ عَادَى لِى وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْحَرْبِ ، وَمَا تَقَرَّبَ إِلَىَّ عَبْدِى بِشَىْءٍ أَحَبَّ إِلَىَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِى يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِى يُبْصِرُ بِهِ ، وَيَدَهُ الَّتِى يَبْطُشُ بِهَا وَرِجْلَهُ الَّتِى يَمْشِى بِهَا ، وَإِنْ سَأَلَنِى لأُعْطِيَنَّهُ ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِى لأُعِيذَنَّهُ

Allah Ta’ala berfirman: Barangsiapa memerangi wali (kekasih)-Ku, maka Aku akan memeranginya. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan wajib yang Aku cintai. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya

Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya. (H.R Imam Bukhari no. 2506)

Orang yang senantiasa melakukan amalan sunnah (mustahab) di samping melakukan amalan wajib, akan mendapatkan kecintaan Allah, lalu Allah akan memberi petunjuk pada pendengaran, penglihatan, tangan dan kakinya. Allah juga akan memberikan orang seperti ini keutamaan dengan mustajabnya do’a. (Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al ‘Abad)

Cuma saja, terkadang kita saksikan sebagian orang merasa berat untuk melakukan amalan amalan sunnah disamping amalan fardhu. Contohnya  adalah bahwa sebagian  saudara saudara kita  belum kontinyu mengamalkan SHALAT SUNNAH RAWATIB. Mungkin karena  mereka sedang terburu buru untuk urusan dunia lalu mereka mencukupkan diri dengan shalat fardhu saja.

Ketahuilah bahwa selain mendatangkan kecintaan Allah karena mengamalkan amalan sunnah, ternyata seorang hamba yang mengamalkan shalat sunnah rawatib akan mendapat rumah di surga.  Dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, berkata : Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

Barangsiapa yang shalat 12 rakaat shalat sunnah (rawatib) dalam sehari semalam niscaya dibangunkan untuknya rumah di surga. (H.R Imam Muslim).

Shalat 12 raka’at yang dimaksud adalah empat rakaat sebelum dzuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua raka’at sesudah maghrib, dua rakaat setelah ‘isya, dan dua rakaat sebelum shubuh sebagaimana yang terdapat dalam hadits Aisyah dalam Sunan at Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Wallahu A'lam. (2.883)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar