Sabtu, 14 Januari 2023

DIBERI NIKMAT IMAN ADALAH TANDA KECINTAAN ALLAH

 

DIBERI NIKMAT IMAN ADALAH TANDA KECINTAAN ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta'ala memberi nikmat berupa rizki kepada manusia bahkan semua makhluk yang melata   sebagaimana firman-Nya :

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا

Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya DIJAMIN ALLAH RIZKINYA.(Q.S Hud 6).

Ketika Allah Ta'ala menjamin rizki semua makhuk-Nya termasuk yang taat dan yang kafir maka hal ini memberi pemahaman bahwa ketika manusia diberi rizki sedikit atau banyak bukanlah sebagai bukti KECINTAAN-NYA. Tetapi kecintaan Allah kepada makhluk-Nya sejatinya ditunjukkan-Nya dengan MEMBERINYA NIKMAT IMAN DAN KETAATAN kepada-Nya. Allah Ta'ala berfirman :

وَمَا أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ بِالَّتِي تُقَرِّبُكُمْ عِنْدَنَا زُلْفَىٰ إِلَّا مَنْ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ لَهُمْ جَزَاءُ الضِّعْفِ بِمَا عَمِلُوا وَهُمْ فِي الْغُرُفَاتِ آمِنُونَ

Dan bukanlah harta atau anak anakmu yang mendekatkan kamu kepada Kami melainkan orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih. Mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda atas apa yang telah mereka kerjaan. Dan mereka aman ditempat tempat yang tinggi (dalam surga).  Q.S Saba' 37.

Rasulullah Salallahu'alaihi Wasallam  bersabda :

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يُعْطِي الدُّنْيَا مَنْ يُحِبُّ وَمَنْ لَا يُحِبُّ وَلَا يُعْطِي الدِّينَ إِلَّا لِمَنْ أَحَبَّ فَمَنْ أَعْطَاهُ اللَّهُ الدِّينَ فَقَدْ أَحَبَّهُ

Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla memberikan dunia kepada orang yang dicintai dan kepada yang tidak dicintai, namun tidak memberikan agama kecuali kepada orang yang dicintai-Nya. Maka, barangsiapa yang Allah berikan agama (yang lurus), berarti Allah mencintainya. (H.R Imam Ahmad).

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

إِنَّ الله قصَمَ بينكُمْ أَخلاقَكُمْ ، كَمَا قصم بينكمم أرزاقكم ، وإنَّ الله يُعْطي الدنيا مَنْ يُحِبُّ ومَنْ لا يُحِبُّ ، وَلاَ يُعْطي الْاءِيْمانَ إلا مَنْ يُحِبُّ .

Sesungguhnya Allah membagi akhlaq di antara kamu sebagaimana Dia membagi rizki kamu di antara kamu. Dan sesungguhnya Allah memberikan dunia kepada orang yang Dia cintai dan kepada orang yang tidak Dia cintai. Namun ALLAH MEMBERIKAN IMAN KECUALI KEPADA ORANG YANG DIA CINTAI. (H.R Isma'ili, dikuatkan oleh Syaikh al Albani dalam Silsilah ash Shahihah).  

Ibnu Mas'ud berkata : Sesungguhnya Allah Ta'ala  memberikan dunia kepada siapapun baik yang Allah cintai ataupun tidak. Tetapi Allah hanya memberikan keimanan kepada yang Allah cintai. (Mushanaf Ibnu Syaibah).

Jadi, orang orang beriman TIDAK PANTAS TERPEDAYA dengan kesenangan dunia berupa harta. Ketahuilah bahwa  nikmat iman dan ketaatan adalah nikmat yang paling utama dan  sebagai tanda kecintaan Allah Ta'ala kepada hamba hamba-Nya. Wallahu A'lam. (2.877)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar