Senin, 02 Januari 2023

ORANG BERIMAN DAPAT BANYAK KEBAIKAN KARENA BERSYUKUR

 

ORANG BERIMAN DAPAT BANYAK KEBAIKAN KARENA BERSYUKUR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh  semua nikmat yang diperoleh serta dirasakan manusia adalah dari Allah Ta'ala datangnya yaitu sebagaimana firman-Nya :

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ

Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah. (Q.S an Nahal 53)

Nikmat itu sangatlah banyak jumlah dan jenisnya bahkan tidak ada yang bisa menghitungnya. Allah Ta'ala berfirman :

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ

Dan jika kamu menghitung nikmat Allah niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. (Q.S Ibrahim 34).

Ketahuilah bahwa Allah Ta'ala memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada-Nya atas semua nikmat yang diberikan-Nya, yaitu sebagaimana firman-Nya :

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku-pun akan ingat kepadamu. BERSYUKURLAH KEPADA-KU dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. (Q.S al Baqarah 152)

Ketahuilah bahwa sebanyak apapun syukur manusia terhadap nikmat Allah Ta'ala tak bermanfaat bagi Allah Ta'ala. Sungguh Allah Ta'ala Maha Pengasih dan Maha Penyayang,  semua kebaikan dan keutamaan syukur kita kepada Allah Ta'ala AKAN KEMBALI KEPADA KITA. Allah Ta'ala berfirman :

وَمَن يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِۦ ۖ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ حَمِيدٌ

Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah) maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri. Dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur) maka sesungguhnya Allah Mahakaya dan Maha Terpuji. (Q.S Luqman 12)  

Syaikh as Sa'di berkata : Dan Allah Ta’ala mengabarkan kepadanya (Luqman) bahwa syukurnya orang orang yang bersyukur itu kembali kepada diri mereka sendiri.

Dan bahwa siapa saja yang ingkar dan tidak bersyukur kepada Allah maka bahayanya  menimpa dirinya sendiri, sedangkan Allah Mahakaya tidak butuh kepadanya lagi Maha Terpuji dalam apa saja yang Dia takdirkan dan Dia putuskan terhadap orang yang menyalahi perintah-Nya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Selain itu ketahuilah bahwa salah satu kebaikan yang akan mendatangi hamba hamba Allah yang selalu bersyukur adalah tidak akan diadzab, yaitu sebagaimana firman-Nya :  

مَا يَفْعَلُ اللَّهُ بِعَذَابِكُمْ إِنْ شَكَرْتُمْ وَآمَنْتُمْ ۚ وَكَانَ اللَّهُ شَاكِرًا عَلِيمًا

Allah tidak akan menyiksamu JIKA KAMU BERSYUKUR dan beriman. Dan Allah MAHA MENSYUKURI, Maha Mengetahui. (Q.S an Nisa 147).

Allah MAHA MENSYUKURI bermakna : Memberi pahala terhadap amal hamba hamba-Nya, memaafkan kesalahannya dan menambah nikmat-Nya. (Catatan kaki pada terjemahan al Qur an Departemen Agama 2002).

Insya Allah ada manfaat bagi kita semua. Wallahu A'lam. (2.863)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar