Minggu, 01 Januari 2023

DOSA SEBANYAK BUIH DI LAUTAN DIHAPUS DENGAN SHALAT DHUHA

 

DOSA SEBANYAK BUIH DI LAUTAN DIHAPUS DENGAN SHALAT DHUHA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, manusia sering berbuat dosa, malam dan siang. Ini mesti kita pahami betul. Perkara ini disebutkan dalam satu hadits qudsi sebagai mana  Allah Ta’ala berfirman :

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِى أَغْفِرْ لَكُمْ

Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa di malam dan siang hari, dan Aku akan mengampuni seluruh dosa, maka minta ampunlah kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni dosa-dosa kalian. (H.R Imam Muslim).

Dari zhahir hadits  kita mengetahui  bahwa  jika seseorang tergelincir kedalam dosa maka sikap paling utama bahkan paling penting harus dikedepankan adalah BERSEGERA MEMOHON AMPUN. Sungguh Allah Ta’ala Maha Pengampun, sebagaimana firman-Nya :

إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Sesungguhnya Allah mengampuni dosa dosa semuanya. Sungguh Dia-lah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Q.S az Zumar 53).

Jadi berusahalah agar dosa bisa diampuni ketika masih di dunia. Dosa jangan dibawa mati karena setelah mati tak kesempatan lagi untuk memohon ampun apalagi untuk melakukan amal shalih.

Namun demikian ketahuilah bahwa  sungguh  sangat banyak amal shalih yang bisa dilakukan seorang hamba dan bisa menghapus dosa. Diantaranya adalah satu ibadah sunnah yang disyariatkan bahkan   SANGAT DIANJURKAN UNTUK DIAMALKAN  sebagai penghapus dosa meskipun dosanya itu sebanyak buih dilautan YAITU SHALAT DHUHA. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  menjelaskan perkara ini dalam sabda beliau :

من حافظ على شفعة الضحى غفرت له ذنوبه وإن كانت مثل زبد البحر

Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun SEBANYAK BUIH DI LAUTAN. (H.R at Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Nah, dengan bersandar kepada hadits ini maka hamba hamba Allah akan semakin bersemangat melakukan amalan amalan sunnah yang disyariatkan termasuk shalat dhuha.

Selain itu, ketahuilah bahwa SETELAH SHALAT DHUHA, dianjurkan pula memohon ampun 100 kali yaitu  sebagaimana hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau mengucapkan :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

مائة مرة  حتى  قالها

Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.  

Sampai beliau membacanya seratus kali. (H.R Imam Bukhari dalam al Adab al Mufrad, Syaikh al Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih)

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A'lam. (2.860)

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar