Senin, 09 Januari 2023

ORANG ORANG BERIMAN JANGAN MEMELIHARA ANJING

 

ORANG ORANG BERIMAN JANGAN MEMELIHARA ANJING

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sebagian orang ada yang suka memelihara anjing. Bahkan ada yang mau mengeluarkan uang untuk mendapatkan anjing yang disukainya.  Ketahuilah bahwa dalam syariat Islam memelihara atau memiliki anjing memang secara mutlak tidak dilarang tetapi dengan pembatasan tertentu.

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

مَنِ اتَّخَذَ كَلْباً إِلاَّ كَلْبَ مَاشِيَةٍ ، أوْ صَيْدٍ ، أوْ زَرْعٍ ، انْتُقِصَ مِنْ أجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ

Siapa yang memelihara anjing, kecuali anjing untuk menjaga hewan ternak, berburu dan menjaga tanaman, maka akan dikurangi pahalanya setiap hari sebanyak satu qirath. (H.R Imam Muslim).

Dalam  riwayat yang lain disebutkan bahwa pahalanya akan berkurang sebanyak dua qirath.

مَنِ اقْتَنَى كَلْبًا لَيْسَ بِكَلْبِ مَاشِيَةٍ أَوْ ضَارِيَةٍ ، نَقَصَ كُلَّ يَوْمٍ مِنْ عَمَلِهِ قِيرَاطَانِ

Barangsiapa memanfaatkan anjing, bukan untuk maksud menjaga hewan ternak atau bukan maksud dilatih sebagai anjing untuk berburu, maka setiap hari pahala amalannya berkurang sebesar dua qirath. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Selain itu ketahuilah bahwa malaikat tak akan masuk ke rumah yang didalamnya ada anjing :


عَنْ أَبِى طَلْحَةَ الأَنْصَارِىِّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى اللهُ عليه وسلم يَقُولُ: لاَ تَدْخُلُ الْمَلاَئِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلاَ تَمَاثِيلُ

Diriwayatkan dari Abu Thalhah al Anshari, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Malaikat tidak masuk ke  rumah yang di dalamnya terdapat anjing  dan patung. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim)

 

Tentang malaikat yang tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat anjing dijelaskan oleh Imam al Munawi  : Yang dimaksud dengan malaikat pada hadits tersebut adalah malaikat rahmat dan keberkahan atau malaikat yang bertugas keliling mengunjungi para hamba Allah untuk mendengarkan dzikir dan sejenisnya, bukan malaikat penulis amal perbuatan manusia karena malaikat itu tidak akan pernah meninggalkan manusia sekejap pun sebagai mana halnya malaikat maut.

 

Mengapa malaikat rahmat tidak mau memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing ?. Karena anjing itu mengandung najis, sedangkan malaikat terpelihara dari tempat-tempat yang kotor.

 

Mereka adalah makhluk Allah yang paling mulia serta tetap berada pada tingkat kebersihan dan kesucian yang paling luhur. Perbandingan antara malaikat yang suci dan anjing yang najis laksana terang dan gelap. Barangsiapa yang mendekati anjing, malaikat akan menjauh darinya. (Kitab Faidhul Qadir).

 

Oleh karena itu saudaraku, apakah ANTUM TEGA GARA GARA INGIN  MEMELIHARA ANJING LALU DATANG KERUGIAN BESAR YAITU : (1) Pahala amal antum  yang MUNGKIN (?)  baru  sedikit dikurangi pula tiap hari. (2) Malaikat rahmat dan membawa berkah tak mau masuk ke rumah antum.  

 

Wallahu A'lam. (2.872)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar