Rabu, 31 Juli 2019

SANGAT BERUNTUNG BERTEMAN AKRAB DENGAN ORANG BERTAKWA


SANGAT BERUNTUNG  BERTEMAN AKRAB DENGAN
 ORANG BERTAKWA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Puncak cita cita yang Sungguh sungguh diperjuangkan oleh orang beriman adalah untuk mendapatkan surga yaitu tempat yang luar biasa nyaman dan nikmat di akhirat kelak. Bahkan diingatkan bahwa kenikmatan surga itu tak terbayangkan. Dalam satu hadits qudsi disebutkan :
  
قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِينَ مَا لاَ عَيْنٌ رَأَتْ، وَلاَ أُذُنٌ سَمِعَتْ، وَلاَ خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ

Allah ‘Azza wajalla berfirman : Aku telah menyediakan bagi hamba hamba-Ku yang shalih kenikmatan yang belum pernah mata melihatnya, belum pernah telinga mendengarnya, dan belum pernah pula terbetik dalam hati manusia. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim, dan juga yang selainnya).

Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala menyeru manusia menuju surga yaitu sebagaimana firman-Nya :

وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَىٰ دَارِ السَّلَامِ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Dan Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga) dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki kejalan yang lurus. (Q.S Yunus 25).

Tetapi ingatlah bahwa surga itu adalah untuk orang orang bertakwa. Allah berfirman :

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabb-mu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang orang bertakwa. (Q.S Ali Imran 133).

Sungguh Allah melalui Rasul-Nya telah menunjukkan sangat banyak jalan untuk menuju surga, diantara nya adalah  MEMPERHATIKAN SIAPA YANG DIJADIKAN TEMAN AKRAB.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

المرء على دين خليله فلينظر أحدكم من يخالل

Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.  (H.R Abu Daud dan at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah).

Oleh karena itu berusahalah berteman akrab dengan orang orang yang shalih dan bertakwa. Ketahuilah bahwa :  (1) Pertemanan dengan orang bertakwa adalah suatu nikmat yang besar. (2) Pertemanan dengan orang bertakwa adalah karena Allah bukan karena yang lain. (3) Pertemanan dengan orang bertakwa insya Allah akan langgeng dari dunia sampai akhirat.  (4) Pertemanan dengan orang bertakwa akan selalu saling mendoakan untuk kebaikan (5) Pertemanan dengan orang bertakwa akan selalu saling ingat mengingatkan tentang kebaikan. (6) Pertemanan dengan orang bertakwa akan saling memberi udzur dan memaafkan jika ada kesalahan  

Begitu pentingnya berteman dengan dekat dengan orang shalih  (bertakwa) maka Umar bin Khaththab radhiyallahu 'anhu memberi nasehat buat kita semua. Beliau berkata : Tidaklah seorang hamba diberi kenikmatan yang lebih besar setelah keislaman, selain sahabat yang shalih. Maka apabila kalian mendapati teman yang shalih, peganglah dia erat-erat.
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.707)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar