Minggu, 14 Juli 2019

BERDOA MESTI DENGAN YAKIN AKAN DIKABULKAN


BERDOA MESTI DENGAN YAKIN AKAN DIKABULKAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh orang orang beriman senantiasa berdoa kepada Allah Ta’ala disetiap waktu, di semua keadaan. Doa yang paling utama dan sering dipanjatkan adalah doa yang diajarkan Allah Ta’ala yaitu memohon keselamatan di dunia dan di akhirat.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari api neraka. (Q.S al Baqarah 201).

Ketahuilah bahwa diantara adab paling penting dalam berdoa mestilah dengan keyakinan yang kuat bahwa doa doa orang beriman akan dikabulkan Allah Ta’ala. Sungguh Allah Ta’ala telah berjanji akan memenuhi doa hamba hamba-Nya, sebagaimana firman-Nya : 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ

Dan Rabbmu berfirman  : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. (Q.S al Mu’min 60).

Allah Ta’ala berfirman :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran (Q.S al Baqarah 186).

Oleh karena itu, orang orang beriman senantiasa berdoa dengan sungguh sungguh, menghadirkan hati dan meyakini DOANYA AKAN DIKABULKAN.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan  agar jangan berdoa dengan  hati yang lalai. Beliau bersabda : 

ادعوا الله وانتم موقنون بالاجابة واعلموا ان الله لا يقبل دعاء من قلب غافل لاه

Berdoalah kepada Allah  seraya yakin akan dikabulkan. Ketahuilah, sesungguhnya Allah  tidak akan menerima doa hamba-Nya yang hatinya lupa pada-Nya dan lalai. (H.R at Tirmidzi)

Beliau Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

لأ يقل أحدكم : الهم اغفر لي إن شءت ارحمني إن شءْت ارزقني إن شءت وليعزم مسألته
انه يفعل ما يشاءُ لا مكره له     

Janganlah salah seorang dari kalian berkata : Ya Allah, ampuni aku jika Engkau berkehendak, sayangi aku jika Engkau berkehendak, beri rizki aku jika Engkau berkehendak. Dan hendaklah seorang yakin tatkala meminta, karena sesungguhnya Allah berbuat sekehendak-Nya, tidak ada yang memaksa. (H.R Imam Bukhari).

Oleh karena itu seorang hamba teruslah berdoa dan mestilah yakin bahwa doanya akan diijabah. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.687)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar